Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah

Ani Nur Aeni, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Tiara Erlina, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Diana Puspita Dewi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Fakhri Luqman Hadi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Safitri Ramadhani, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak yang ditimbulkan pada siswa dalam memanfaatkan Aplikasi BETA sebagai media edukasi belajar dan menghafal doa-doa harian Islam. Studi penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode penelitian D&D. Sasaran dalam dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas rendah. Subjek penelitian ini adalah guru kelas rendah guru PAI, dan siswa kelas rendah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hafalan doa-doa harian siswa meningkat dengan menggunakan. Dengan demikian, Aplikasi BETA berbasis android dapat menjadi alternatif belajar doa-doa harian siswa secara mandiri. Keuntungan yang diperoleh siswa dengan memanfaatkan Aplikasi BETA untuk belajar dan menghafal doa-doa harian yaitu: dapat dibawa ke mana saja karena terdapat di dalam gawai; dapat digunakan setiap saat dengan mudah; mengarahkan penggunaan gawai ke arah yang bermanfaat; lebih praktis dalam menemukan materi yang dibutuhkan secara cepat; meningkatkan motivasi belajar, menghafal, serta mengamalkan doa-doa harian karena dapat diakses dengan mudah; dapat mengefektifkan waktu; banyak warna dan gambar serta ikonnya menarik; hemat kuota internet dan hemat ruang penyimpanan pada perangkat (gawai).

 

The purpose of this study was to examine the impact on students in utilizing the BETA application as an educational medium for learning and memorizing Islamic daily prayers. This research study is qualitative in nature using the D&D research method. The target in this research is elementary school students of low grade. The subjects of this study were low grade PAI teachers, and low grade students. Data analysis techniques were carried out by collecting data, reducing data, and verifying data. The results showed that the memorization of students' daily prayers increased by using . Thus, the Android-based BETA application can be an alternative to learning students' daily prayers independently. The advantages that students get by using the BETA Application to learn and memorize daily prayers are: (1) it can be taken anywhere because it is in the device, (2) it can be used at any time easily, (3) directs the use of the device in the right direction. that are useful, (4) more practical in finding the required material quickly, and (5) increasing motivation to learn, memorize, and practice daily prayers because they can be accessed easily.  In addition, using the BETA Application can save time; lots of attractive colors and images and icons; save internet quota and save storage space on your device.


Keywords


D&D, Android App, BETA App, Religious Character

Full Text:

PDF

References


Beltahmamero, S. (2017). Inovasi Pelayanan Pemerintahan Desa melalui E-Government (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Penggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Retrieved from http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/211

Ellis, T. J., & Levy, Y. (2010, June). A guide for novice researchers: Design and development research methods. In Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE) (Vol. 10, No. 10, pp. 107-117). Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.170.2962&rep=rep1&type=pdf

Hamadi, M. R., Lumenta, A. S., & Putro, M. D. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam. Jurnal Teknik Informatika, 12(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/17791

Hashim Shiyuti. (2015). Ya! Islam itu mudah. Shah Alam: Grup Buku Karangkraf Sdn.Bhd..

Herlina, Marnawi, dan Yuline. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Doa dalam Kegiatan Sehari-Hari melalui Pembiasaan pada anak Usia 5-6. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 3(12), 1-13. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/214870/peningkatan-kemampuan-membaca-doa-dalam-kegiatan-sehari-hari-melalui-pembiasaan

Isnaini, F., & Islam, M. A. (2021). Perancangan Aplikasi Interaktif Islami Android “Doa Sehari-Hari Bersama Zio dan Aza”. BARIK, 3(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42408

Istiqomatunnisa, N., Kuswandi, D., & Toenlioe, A. J. (2018). Aplikasi Android Al-amtsal (Kisah Teladan) Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Kisah Al-quran Dengan Cerita Animasi Bagi Anak Generasi Alfa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 35-42. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3243

Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491-506. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4319

Mahmud, M. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Bagian-Bagian Tubuh Hewan di Kelas 2 Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pelajaran IPA di SDN Maruyung Kabupaten Bandung). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13998

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic, 4(1), 54-65. http://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409

Nurhayati, S., Harun, A. I., & Lestari, I. (2014). Pengaruh video-animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Pontianak pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6058

Okalia, I. R. (2020). Strategi Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun melalui Buku Cerita Bergambar tentang Rukun Iman dan Rukun Islam. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 23(1), 13-21. https://doi.org/10.24821/ars.v23i1.3798

Putra, W. A., Chandra, R. D. A., & Sayyinah, F. (2022). Hubungan Pembiasaan Kedisiplinan terhadap Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 6(1), 79-88. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.645

Putri, U. E., Andeka, W., Marsofely, R. L., Ismiati, I., & Ningsih, L. (2020). Perancangan Media Cerita Bergambar tentang Konsumsi Buah dan Sayur untuk Anak Sekolah Dasar di SDN 8 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu). Retrieved from http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/459

Santoso, B., & Pebriyani, O. (2017). Aplikasi Pembelajaran Doa Harian Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(4), 220-228. http://dx.doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1517

Saputra, A. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja melalui Penanaman Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal Al-Hikmah, 18(2), 151-156. Doi: https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i2.31

Susanti, S. (2016). Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), http://dx.doi.org/138-159.10.24269/ijpi.v1i2.173

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality, 6(1), 16-30. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248-265. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Ulum, M., & Idris, M. (2019). Analisa Aplikasi Penghafal Doa-Doa Islam Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri Madrasah Diniyah. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 5(1), 11-22. Retrieved from https://ojs.stitmultazam.ac.id/index.php/JPGMI/article/view/48




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203

Refbacks



Copyright (c) 2022 Ani Nur Aeni, Tiara Erlina, Diana Puspita Dewi, Fakhri Luqman Hadi, Safitri Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics