Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan

Yuliawati Yunus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang, Indonesia
Monica Fransisca, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui kebutuhan siswa pada media pembelajaran berbasis Android mata pelajaran kewirausahaan. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X jurusan perhotelan dan jasa pariwisata di kota Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner, menyangkut dua indikato dengan hasil indikator kebutuhan sarana dan kecenderungan gaya belajar menunjukkan bahwa 100% siswa yang mempunyai smartphone berbasis Android, interaksi siswa dengan smartphone menunjukan presentasi 94,1 %. Hal tersebut menunjukkan kebutuhan sarana smartphone sangat diperlukan terlebih hanya 29,4% guru yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis Android. Hasil kuesioner dari indikator kebutuhan untuk memperhatikan kecenderungan gaya belajar siswa lebih suka dengan presentase 41,2% menggunakan kata seperti rasakan, sentuh dan pegang, 47,1% siswa lebih mudah mengingat hal yang dilihat atau dibaca serta yang dilakukan, 58% siswa lebih suka membaca dari pada dibacakan, kemudian 52,5% siswa sangat setuju, 47,1 % setuju jika dikembangkan media pembelajaran berbasis Android. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis Android dalam proses pembelajaran.

Abstract

The research purpose was to determine the needs of students on Android-based learning media on entrepreneurship subjects. The research method was quantitative research methodology, with class X as research subjects majoring in hospitality and tourism services in Padang. This research used questionnaires as an instrument, involving two indicators, which consist of indicators requirement for facilities and learning style tendencies. It was determined that 100% of students owned Android mobile phones, student’s interaction with a mobile phone was at 94.1%. This shows that mobile phone facilities requirement was determined, especially only 29.4% of teachers who used Android-based learning media. Questionnaires results indicator implied that tendency of student learning styles preferring to using words such as feel, touch, and hold which shown at the percentage of 41.2%, then 47.1% of students were more easily remember things which could be seen or read and practicing, 58% of students prefer to read by themselves rather than read by others. Therefore, 52.5% of students strongly agree, and 47.1% agree with Android-based learning media development. According to the result, we must develop Android-based learning.


Keywords


Android; kewirausahaan; media pembelajaran; entrepreneurship; learning medi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Azhar, N., & Adri, M. (2008). Uji validitas dan reliabilitas paket multimedia interaktif. Retrieved from https://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2008/03/nelda_adri_makasemnas2008.-pdf

Christian, D., Veri, J., & Yunus, Y. (2020). Perancangan & pengembangan modul interaktif pada mata pelajaran dasar desain grafis (Studi kasus siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Padang). Jurnal PTI (Pendidikan dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, 7(1), 18-26. doi: https://doi.org/10.35134/pti.v7i1.1323

Durin, A. (2009). Mobile technology for children designing for interaction and learning. USA: Elsevier.

Fransisca, M., Yunus, Y., Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Practicality of e-learning as learning media in digital simulation subjects at vocational school in Padang. In Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 012077. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1339/1/012077/pdf

Hefzallah, I. M. (2004). The new educational technologies and learning: Empowering teachers to teach and students to learn in the information age. Charles C Thomas Publisher.

Ilyas, M. A., Yunus, Y., & Menrisal, M. (2020). Perancangan dan pembuatan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan (Studi kasus kelas XI jurusan TKJSMK Negeri 3 Padang). Jurnal PTI (Pendidikan dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, 7(1), 34-42. doi: https://doi.org/10.35134/pti.v7i1.1336

Irawan. (2012). Membuat aplikasi Android untuk orang awam. Palembang: Maxikom.

Mahmudah, M., Munzil, M., & Yulianti, E. (2017, October). Analisis kebutuhan multimedia interaktif science-edutainment pada tema bumi untuk siswa SMP. In Seminar Nasional Pembelajaran IPA ke-2, Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Marfuah, S., Irsadi, A., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu berbentuk jigsaw puzzle pada tema ekosistem dan pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Margoyoso Kabupaten Pati. Unnes Science Eduaction Journal, 3(2), 528-534. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/3351/3049

Menrisal, M., Radyuli, P., & Wulandari, N. P. (2019). Perancangan dan pembuatan modul interakti berbasis Android pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan. Jurnal PTI (Pendidikan dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, 6(2), 38-46. doi: https://doi.org/10.35134/pti.v6i2.849

Purnomo, A. (2006). Pengembangan bahan pembelajaran mandiri komputasi fisika dengan menggunakan "moodle" secara online di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang (Unpublished bachelo's thesis). Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Radyuli, P., Wijaya, I., & Sanita, D. (2020). Jurnal validitas media pembelajaran berbasis Android mata pelajaran teknologi layanan jaringan. Jurnal PTI (Pendidikan dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, 7(1), 52-59. doi: https://doi.org/10.35134/pti.v7i1.1193

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2016). Let’s build your Android apps with Android Studio. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparmi, S., Chang, A. N., & Yunus, Y. (2019). Students' needs of English speaking materials in tourism vocational school in Padang. Journal of RESIDU, 3(23), 116-123. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1260810&val=13974&title=STUDENTS%20NEEDS%20OF%20ENGLISH%20SPEAKING%20MATERIALS%20IN%20TOURISM%20VOCATIONAL%20SCHOOL%20IN%20PADANG




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yuliawati Yunus, Monica Fransisca

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics