PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERINTEGRASI DENGAN BLOG DAN FACEBOOK TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP

Ida Rianawaty, SMP Negeri 5 Kota Magelang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan Blog dan Facebook terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Magelang. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook efektif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Magelang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi eksperimen dan model Nonequivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook, dan kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa dengan menerapkan model pembelajaran kreatif produktif yang tidak terintegrasi dengan Blog dan Facebook.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP N 5 Kota Magelang, ketuntasan yang dicapai dengan KKM 75 adalah 100% dengan rata-rata pre test 45,92 menjadi 82,50. Sedangkan untuk kelas VIII A (kelas kontrol), ketuntasan kelas yang dicapai 96,15 %, dengan rata-rata pre test 45,21 menjadi 80,83. Perbandingan hasil rerata posttest kedua kelas tersebut sebesar 1,67. Tetapi hasil uji t dengan SPSS diperoleh nilai p sebesar 0,262 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII yang menggunakan model pembelajaran kreatif produktif terintegrasi dengan blog dan Facebook dengan kelas kontrol. Sedangkan pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook efektif meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII C SMP N 5 Kota Magelang yaitu dari 41,83% menjadi 70,76 % setelah proses pembelajaran (termasuk kategori tinggi). Hal ini didukung oleh hasil wawancara kepada siswa bahwa proses pembelajaran menarik, dan siswa lebih fleksibel untuk berkomunikasi dari mana saja dengan guru melalui Facebook dan termotivasi untuk belajar. Sedangkan kelas VIII A (kelas kontrol) motivasi belajar sebelum proses pembelajaran 42,31% meningkat menjadi 61,06 %, termasuk kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook terdapat perbedaan signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa kelas VIII C SMP N 5 Kota Magelang.

Kata kunci: kreatif produktif, belajar IPA, blog dan facebook


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Ida Rianawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics