PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER 2 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS FLORES

Kristina Sara, FKIP Univesitas Flores
Mukminan Mukminan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores yang berkualitas baik dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan media pembelajaran e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 dengan menggunakan model pengembangan dari Allesi & Trollip melalui tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 yang dikembangkan layak dan efektif. Kelayakan mencapai hasil sangat baik ditinjau dari penilaian ahli materi dengan skor 4,31, ahli media dengan skor 3,46, dan tanggapan mahasiswa dengan skor 4,43. Keefektivan pembelajaran Aplikasi Komputer 2 menggunakan e-learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan rerata pretest 57,38 dan posttest 85,50 sehingga perolehan hasil effect size adalah 28,13. Pencapaian ketuntasan hasil belajar pada saat pretest 56,25% tuntas  dan saat posttest 100% tuntas.

Kata kunci: pengembangan, e-learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Kristina Sara, Mukminan Mukminan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics