Aplikasi website berbasis HTML dan JavaScript untuk menyelesaikan fungsi integral pada mata kuliah kalkulus

Selli Mariko, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Abstract


Setiap mahasiswa yang mengambil jurusan seperti: MIPA, teknik, dan kedokteran pasti pada saat perkuliahan wajib mengambil mata kuliah kalkulus. Mata kuliah kalkulus dibahas dalam berbagai macam persamaan salah satunya adalah persamaan integral. Persamaan integral biasannya digunakan untuk melakukan pendekatan perhitungan pada kasus fisis teertentu, sehingga dapat dicari solusinya. Selain itu mengitung fungsi integral juga mempuyai tingkat kesulitan tinggi, karena dibutuhkan kecepatan dan ketelitian pada proses perhitungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk penelitian berupa aplikasi untuk menghitung dan menyelesaikan fungsi integral. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Sedangkan untuk mengembangkan aplikasi peneliti menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML) dan JavaScript. Sedangkan metode numerik sebagai dasar dalam membangun aplikasi ini adalah metode Simpson 1/3. Hasil penelitian ini adalah software dalam bentuk web aplikasi yang berfungsi untuk menghitung berbagai fungsi integral. Adapun keuntungan produk penelitan ini: (1) Dapat berjalan pada semua operating system; (2) Tidak perlu tambahan fitur installasi untuk membuka aplikasi produk penelitian; dan (3) Dapat berjalan pada semua tipe hardware (laptop, personal computer, dan smartphone).

Kata Kunci: Aplikasi web, integral, JavaScript, HTML

Web-based application on HTML and JavaScript to complete integral functions in calculus lessons

Abstract

Every student majoring in: MIPA, Engineering and Medicine is required to take calculus courses during college. In calculus subjects various kinds of equations are discussed, one of which is integral equations. Integral equations are usually used to approach calculations in certain physical cases, so that solutions can be found. In addition, calculating the integral function has a high level of difficulty, because it requires speed and accuracy in the calculation process. The type of research used in this study is Research and Development. To develop application, researchers use Hypertext Markup Language (HTML) and JavaScript languages. While the numerical method as the basis for building this appliacation is the Simpson 1/3 Method. The results of this study are software in the form of web applications that function to calculate various integral functions: 1. Can run on all operating systems; 2. No need for additional application features to open (just a web browser); 3. Can run on all types of hardware (laptops, computer personal and smartphones).

Keywords: Web-based aplications, integral, JavaScript, HTML


Keywords


Aplikasi web; integral; web applications; integral; HTML; JavaScript

Full Text:

PDF

References


Amri, A. (2016). Analisis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang terwujudnya Makassar sebagai “smart city”. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 431-445. doi:http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1916.

Enterprise, J. (2017). Otodidak pemrograman JavaScript. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fitriani, A. D. (2014). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan kemampuan komunikasi calon guru Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan EDUTECH, 1(2), 236-245. doi:http://dx.doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105.

Hidayatullah, P., & Kawistara, J. K. (2015). Pemrograman web. Bandung: Informatika.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), (1-11). doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599.

Koderi, K. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis SAVI untuk pembelajaran bahasa Arab. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 206-223. doi:https://doi.org/10.21009/JTP1903.4.

Kurniawan, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2017). Aplikasi persamaan deferensial biasa model eksponensial dan logistik pada pertumbuhan penduduk kota Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 129-141. doi:http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i1.529.

Mariani, S., & Wardono, W. (2018). IbM guru-guru matematika SMP yang mengalami kesulitan pemecahan masalah melalui visualisasi geometri analitik bidang cartesius berbantuan software geometer’s sketchpad. REKAYASA: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran. 16(1), (11-22). doi:http://dx.doi.org/10.15294/rekayasa.v16i1.15079.

Mason, R., & Rennie, F. (2009). E-learning panduan lengkap memahami dunia digital dan internet. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Munir, R. (2013). Metode Numerik. Bandung: Informatika.

Nasution, H. & Muhktar, M. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Pariaman. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 127-138. doi:https://doi.org/10.24114/jtp.v9i2.4901.

Raharjo, N. E. (2011). Aplikasi software course lab v.2.4 untuk implementasi model pembelajaran interactive problem solving pada kuliah matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(2), 173-180. doi:https://doi.org/10.21831/jptk.v20i2.3315.

Rahman, A. (2016). Pengaruh negatif era teknologi informasi dan komunikasi pada remaja (perspektif pendidikan islam). Al-Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan, 14(1), 18-35.

Ratnaya, I. G. (2011). Dampak negatif perkembangan teknologi informatika dan komunikasi dan cara antisipasinya. JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, UNDIKSHA, 8(1), 17-28. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v8i1.2890.

Rosyani, P., & Yunita, D. (2018). Pengembangan aplikasi bahan ajar kalkulus 1 berbasis android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(3), 8-13.

Roza, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad melalui teknik quick on the draw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 3 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.24036/et.v2i1.10467

Samsudin, S. (2017). Aplikasi computer aided instruction (CAI) dalam pembelajaran matematika bangun ruang. Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 169-182. doi:https://doi.org/10.15408/jti.v10i2.6995.

Sunismi, S., & Fathani, A. H. (2017). Prototipe model collaborative learning matematika melalui media blog dengan interactive digital book mata kuliah kalkulus II. Jurnal Fourier: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 69-83. doi:https://doi.org/10.14421/fourier.2017.62.69-83a




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.22280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Selli Mariko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics