Studi kinerja guru lulusan Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta

Kresni Dwi Jayanti, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Senam Senam, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk:(1) mengetahui kinerja guru lulusan program studi pendidikan kimia FMIPA UNY yang mengajar di SMA dan SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional dan (2) mengetahui kinerja guru lulusan program studi pendidikan kimia FMIPA UNY dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran di SMA dan SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi penelitian guru kimia di 3 SMA dan 14 SMK di DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja guru kimia pada kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional memiliki kriteria baik. (2) kinerja guru kimia hasil observasi mengenai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran memiliki kriteria baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kinerja guru kimia lulusan program studi pendidikan kimia UNY di SMA dan SMK di DIY secara umum adalah baik.

Kata Kunci: kinerja guru, kompetensi guru

 

A Performance Study of the Teachers Graduating from the Chemistry Educational Program of the State University of Yogyakarta Special Region

 

Abstract

This study is a survey which aims to: (1) determine the performance of the teachers in secondary school in Yogyakarta Special Region who graduated from UNY Chemistry Educational Program Faculty of Mathematics and Science, in term of the pedagogic, personality, social and professional competences. (2) determine the performance of the teachers in secondary school in Yogyakarta Special Region who graduated from UNY Chemistry Educational Program Faculty of Mathematics and Science, in term of planning, implementation, and assessment of teaching The population of this survey was chemistry teachers at some of high school and vocational school in Yogyakarta Special Region. Data collection instruments are observations, questionnaires, and interviews. The results of this study showed that (1) the performance of chemistry teachers on pedagogical, personality, social and professional has a good criteria.(2) the performance of chemistry teacher in planning, implementation, and assessment of learning has good criteria. This result showed that the performance of the teachers in secondary school in Yogyakarta Special Region who graduated from UNY Chemistry Educational Program Faculty of Mathematics and Science generally is good.

Keywords: teacher's performance, teacher's competence


Keywords


kinerja guru; kompetensi guru

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Azwar, S. (2010). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. http://doi.org/1998

Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan menteri nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, Pub. L. No. 16 (2007).

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20 (2003). Indonesia. Retrieved from http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf

Presiden Republik Indonesia. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (2005). 14. Retrieved from http://www.sjdih.depkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.htm

Sukanti, S., Sumarsih, S., Siswanto, S., & Widayati, A. (2008). Persepsi mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FISE UNY terhadap profesionalitas guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen no 14 Tahun 2005. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(2). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/935

Suparwoto, S., Prasetya, Z. K., Mundilarto, M., Sukardjo, S., & Projosantoso, A. K. (2010). Evaluasi kinerja guru IPA SD, SMP, SMA se-Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan dosen FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta pasca sertifikasi. Yogyakarta. Retrieved from http://lppm.uny.ac.id/sites/lppm.uny.ac.id/files/abstrak_7_2.pdf

Warso, A. W. D. D. (2012). Peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan untuk mewujudkan guru non PNS yang sejahtera dan bermartabat. Retrieved from http://lpmpjogja.org




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
 


Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats