Penerapan Outdoor Learning Process sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
Abstract
Isu paling hangat bidang pendidikan saat ini adalah akan
diberlakukan secara bertahap kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan
Sekolah Dasar sampai tingkat SLTA. Dalam ranah pendidikan
keberadaan kurikulum mempunyai peran yang sangat strategis. Menurut
Undang- undang nomor 20 tahun 2003, kurikulum adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta
cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum
2013 merupakan kurikulum baru untuk menyempurnakan dan
menggantikan kurikulum 2006. Sebagai penyempurnaan kurikulum
lama, maka kurikulum 2013 memiliki kelebihan atau keunggulan yang
dapat diketahui melalui ciri khasnya.
diberlakukan secara bertahap kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan
Sekolah Dasar sampai tingkat SLTA. Dalam ranah pendidikan
keberadaan kurikulum mempunyai peran yang sangat strategis. Menurut
Undang- undang nomor 20 tahun 2003, kurikulum adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta
cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum
2013 merupakan kurikulum baru untuk menyempurnakan dan
menggantikan kurikulum 2006. Sebagai penyempurnaan kurikulum
lama, maka kurikulum 2013 memiliki kelebihan atau keunggulan yang
dapat diketahui melalui ciri khasnya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v17i3.9649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 WUNY UNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: