Optimalisasi sosiometri melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi melanjutkan studi pada siswa MTs
Abstract
Madrasah Mu’allimin merupakan sekolah kader 6 tahun yang membutuhkan komitmen dari jenjang MTs hingga MA. Penelitian ini dilakukan bertujuan mencari model untuk menekan angka siswa yang tidak melanjutkan MA dengan melakukan optimalisasi sosiometri melalui bimbingan kelompok untuk meninkatkan motivasi melanjutkan studi. Motivasi siswa menjadi penting untuk dilakukan sebab akan menjadi penentu sikap untuk melanjutkan studi atau tidak. Hal ini dikarenakan motivasi merupakan kekuatan dalam diri individu, yang menyebabkan individu tersebut bertindak dan berbuat (Uno, 2017). Bimbingan kelompok menjadi salah satu layanan bimbingan yang memungkinkan peserta didik secara bersama-sama mendapatkan pertimbangan dalam pengambilan keputusan (Sukardi, 2008). Sosiometri digunakan sebagai teknik pengumpulan data mengenai hubungan dan tingkah laku sosial siswa (Harum et al., 2015). Penggunaan sosiometri dalam studi ini menghasilkan siswa yang terisolir dan yang terpopuler (Devianti & Sari, 2020). Dimana yang terpopuler biasanya akan memiliki pengaruh di kalangan siswa. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memberikan tindakan berupa penggunaan instrumen sosiometri sebagai basis bimbingan kelompok pada siswa kelas 3G MTs. Peneliti memberikan penguatan motivasi dengan kolaborasi bersama siswa populer sebagai role model untuk memberikan penguatan kepada siswa lain. Tindakan ini telah menghasilkan peningkatan motivasi siswa sebanyak 6% yang akan melanjutkan studi ke jenjang MA. Peningkatan ini menandakan keberhasilan penggunaan sosiometri sebagai dasar bimbingan kelompok untuk penguatan komitmen motivasi keberlanjutan studi siswa.
Kata kunci: sosiometri, bimbingan kelompok, motivasi, keberlanjutan studi, bimbingan konseling
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelman, C. (1993). Kurt Lewin and the Origins of Action Research. Educational Action Research, 1(1), 7-24.
Chayati, P. A. N., & Rosidah, N. S. (2022). Pemanfaatan Sosiometri Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Sukajaya. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 41–46. https://doi.org/10.32832/PRO-GCJ.V2I2.6876
Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Penggunaan Aplikasi Instrumentasi pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.32939/IJCD.V2I01.875
Harum, A., Saman, A., & Malik, M. A. (2015). Pengembangan Program Sosiometri Sebagai Media Pengungkapan Hubungan Sosial Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 105–115. https://doi.org/10.26858/JPKK.V1I2.1539
Husni, M., & Wahab, F. (2019). Pengembangan dan Tantangan Kehidupan Sosial Pesantren Garasi di Jawa Timur. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 787-808).
Istifariyati, Nur. (2022). Pengaruh TPACK Terhadap Motivasi Keikutsertaan Pelatihan Persiapan Kerja Bagi Mahasiswa UNY. WUNY (Jurnal Ilmiah, Vol 4, No 2).
Khalilah, E. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(1), 41–57. https://jigc.dakwah.uinjambi.ac.id/index.php/jigc/article/view/6
Kurniawan, S., Subakat, R., Faozan, A., Miftah, M., Sriyanto, Muiz, M. N. A., Saputra, M. F., MR, M. I. F., & Afandi, A. (2019). Best Practice Character Building: Model, Inspirasi dan Catatan Reflektif. Samudra Biru.
MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821
MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC
Prayitno, Erman Amti. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Puji Dianawati, Eko. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. WUNY (Jurnal Ilmiah, Vol 1, No 1).
Subroto. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Lempar Cakram Melalui Modifikasi Cakram dari Piring Plastik Pada Siswa SMP. WUNY (Jurnal Ilmiah, Vol 2, No 2).
Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati, A. (2010). Hubungan antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Prestasi Akademik Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.568
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiastuti, A., & MR, M. I. F. (2024). Meningkatkan Sikap Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118
Widarto. 2013. “Penelitian Ex Post Facto”. Makalah. Disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan, Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: