Integrasi nilai keislaman materi korosi dalam modul kimia sebagai implementasi pendidikan karakter

Annas Hafizd Ihsanudin, Yogyakarta State University

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik produk modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi korosi sebagai implementasi pendidikan karakter, (2) kelayakan produk modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi korosi sebagai implementasi pendidikan karakter, dan (3) respon peserta didik terhadap produk modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi korosi sebagai implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model exploratory mixed method. Pada penelitian ini digunakan instrumen penelitian yang meliputi lembar pedoman wawancara, lembar validasi ahli pembelajaran kimia dan ahli agama Islam, lembar uji kelayakan modul oleh reviewer, dan lembar uji keterbacaan sebagai respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan kualitas produk berdasarkan kriteria penilaian ideal. Penelitian ini menghasilkan modul yang berjudul “Modul Kimia Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Korosi sebagai Implementasi Pendidikan Karakter” dengan karakteristik modul yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam materi korosi sebagai implementasi pendidikan karakter. Modul kimia tergolong dalam kriteria sangat baik (SB) menurut penilaian reviewer dengan presentase keidealan sebesar 88,57%. Berdasarkan respon peserta didik modul tergolong dalam kriteria sangat baik (SB) dengan presentase keidealan sebesar 89,73%. Dengan demikian, modul kimia yang telah disusun dinyatakan layak digunakan oleh peserta didik MA kelas XII sebagai sumber belajar mandiri.

Keywords


modul, korosi, nilai-nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2022). Integrasi Agama dan Sains dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pilar, 121.

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1-26.

Amrullah, A., Hadisaputo, S., & Supardi, K. I. (2017). Pengembangan Modul Chemireligiousa Terintegrasi Pendidikan Karakter Bervisi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1872-1883.

Ana, F., Abdul, W., & Wirda, U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Integrasi Islam-Sains Materi Minyak Bumi Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Educational Chemistry, 1(1), 15-22.

Azwar, S. (2010). Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bisri, M. H. (2009). Mengakhiri Dikotomi Ilmu dalam Dunia Pendidikan. Forum Tarbiyah, 181-194.

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Daulay, H. P. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Yogyakarta: Kencana.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kurniawan, S., Subakat, R., Faozan, A., Miftah, M., Sriyanto, Muiz, M. N. A., Saputra, M. F., MR, M. I. F., & Afandi, A. (2019). Best Practice Character Building: Model, Inspirasi dan Catatan Reflektif. Samudra Biru.

MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821

MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). ‪Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial‬. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC

Mulkhan, A. M. (1998). Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren, Religiusitas Iptek. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Nuriyanti, C. &. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 212.

Putri, F. R. (2019). Integrasi Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Agama Islam. Jurnal Walisongo, 22

Widiastuti, A., & MR, M. I. F. (2024). Meningkatkan Sikap Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118

Yasin, H. (2019). Ayat -Ayat Akhlak Dalam Al-Quran:MembangunKeadabanMenuju Kemuliaan Peradaban. Tadzhib Akhlak, 1.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.70318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats