The impact of the campus teaching program on social sciences education students Universitas Negeri Yogyakarta: An interpretative phenomenological analysis

Primanisa Inayati Azizah, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan atau popular disebut Kampus Mengajar (KM) merupakan satu program dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sejak dijalankan pada pertengahan tahun 2021, program ini banyak diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia, termasuk mahasiwa Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman terkait bagaimanakah dampak keikutsertaan mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UNY pada pengembangan kompetensi mereka sebagai calon guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode penelitian fenomenologi. Partisipan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UNY yang terdaftar sebagai peserta program KM, dan telah selesai melaksanakan program KM. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam, data kemudian dianalisis menggunakan teknik interpretative phenomenological analysis. Hasil penelitian menjelaskan bila mahasiswa program studi Pendidikan IPS UNY yang mengikuti program Kampus Mengajar memiliki pengalaman mengembangkan kemampuan sebagai calon guru selama mengikuti penugasan di satuan pendidikan tempat bertugas. Kompetensi pedagogis didapatkan terkait bagaimana mahasiswa memahami dan berkomunikasi dengan siswa. Pengembangan kompetensi profesional didapatkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kompetensi sosial mahasiswa dikembangkan melalui interaksi sosial yang dilakukan dengan warga sekolah, serta kompetensi pribadi dikembangkan dengan menempatkan diri dengan baik, berpakaian dengan baik, dan memberikan teladan sikap yang baik pada siswa di sekolah.

Keywords


Kampus Mengajar, Dampak, Pendidikan IPS

Full Text:

PDF

References


Azisah, N. (2022). Peran program Kampus Mengajar dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa program studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Social Lanscape Journal. 3(2). 19-32. https://doi.org/10.56680/slj.v3i2.33844

Bhakti, Y. B., Tola, B., & Triana, D.D. (2022). AITPO (antecendent, input, transaction, product, outcomes): mixed model evaluasi CIPP dan Countenance sebagai pendekatan evaluasi program kampus mengajar. Jurnal hurriah: jurnal evaluasi pendidikan dan penelitian. 3 (1). 11-24. DOI: https://doi.org/10.5806/jh.v3i1.61

Fauziah, Y., & Vantissha, D. (2021). Pengaruh implementasu kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) terhadap mahasiswa di program studi sistem informasi fakultas ilmu komputer universitas esa unggul. Jurnal abdimas. 8 (2). 117 – 123. DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v8i02.5040

Fatonah, K., Alfian, & Lestari, S. (2021). Implementasi program kampus mengajar di sekolah dasar swasta Nurani Jakarta. JS (jurnal sekolah). 5 (4), 194-205. DOI : https://doi.org/10.24114/js.v5i4.31326

Fuadi, T. M. (2021). Konsep merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM): aplikasinya dalam pendidikan biologi. Prosiding seminar nasional biotik IX 2021. 9 (2). 38-55. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus menngajar angkatan I program merdeka belajar KEMDIKBUD di sekolah dasar. Dedikasi. 1 (2). 1-8. DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku saku utama mahasiswa program kampus mengajar 2021 angkatan 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku saku utama mahasiswa program kampus mengajar 2021 angkatan 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Buku saku utama mahasiswa program kampus mengajar 2022 angkatan 3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Meilia, A. M., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi program kampus mengajar sebagai ruang kontribusi mahasiswa terhadap pendidikan dasar di Indonesia. METODIK DIDAKTIK jurnal pendidikan ke-SD-an. 17 (2). 120-128. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v17i2.42453

Nurdin, S. (2019). Profesi Keguruan. Rajagrafindo Persada

Prasetiyo, W. H., Patmisari, & Prasetyo E. (2021). “Kami menjadi foot soldiers dan membangkitkan partisipasi pendidikan”: Dampak program Kampus Mengajar bagi mahasiswa PPKn UMS). Seminat Nasional Implmenetasi dampak MBKM

Purnamasari, A.P., La Kahija, Y.F. (2018). Mengajar sembarui belajar: sebuah interpretative phenomenological analysis tentang pengalaman pengajar muda gerakan Indonesia Mengajar. Jurnal Empati. 7(3). 186-189

Qutoshi, S. B. (2018). Phenomenology: A Philosophy and Method of Inquiry. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 215. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.2154

Republik Indonesia. 92015). Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional

Rusdiana, & Yeti, H. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan (Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif). Pustaka Setia.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU. 6 (1). 916-924. DOI

: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative phenomenological analysis. London: SAGE.

Sugiharto, D. Y. P., Amin, Z., Utomo, A., & Prasandha, D. (2020). Perolehan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Implementasi Kampus Mengajar. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(2), 127-140. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i2.686

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhardi, D. 92012). Peran SMP Perbasis Pesantran sebagai upaya penanaman pendidikan karakter pada generasi muda. Jurnal Pendidikan karakter. 3 (3). 316-328. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248

Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal sikola: jurnal kajian pendidikan dan pembelajaran. 2 (3). 203-219. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Suwanti, F., Suastia, I.K., Ferdiani, R. D. & Harianto, W. (2022). Analisis dampak implementasi program MBKM Kampus Mengajar pada persepsi mahasiswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan pengajaran). 6 (3). 814-822. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.64957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats