PENTINGNYA INOVASI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS LOKAL DI MAN 1 BOYOLALI

Metrahultikultura Metrahultikultura, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Jenis penelitian ini kualitatif deskripstif dengan dengan kajian studi literatur, dimana menggali kepustakaan yang berupaya mendeskripsikan atau menggambarkan pentingnya inovasi kurikulum dalam pembelajaran sejarah berbasis lokal di MAN 1 Boyolali. Dalam penulisan ini penulis menggunakan berbagai sumber mulai dari jurnal, buku dan dokumen lainya yang relavan dengan kajian dalam penulisan ini. Studi ini berangkat dari oberservasi yang dilakukan  dengan peserta didik MAN 1 Boyolali tentang wawasan sejarah lokal atau daerah boyolali. Dari obervasi sedehana tersebut di dapatkan data bahwa kurang pengetahuan peserta didik MAN 1 Boyolali terhadap sejarah lokal Boyolali. Tulisan ini menjabarkan pentingnya pemahaman sejarah lokal bagi peserta didik  sebagai saran untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan mengetahui akar sejarah budaya daerahnya mengingat potensi kesejarahan di Boyolali yang besar. Untuk menjaga kelestarian sejarah dan menumbuhkan peserta didik yang mengetahui akan sejarah di Boyolali perlu adanya inovasi kurikulum pembelajaran sejarah berbabasis lokal di MAN 1 Boyolali

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. 1990. Di Sekitar Sejarah Lokal di Indonesia. Dalam Taufik Abdullah (ed.). Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ananda, Rusydi., Amiruddin. 2017. Inovasi Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita

Aslamiyah,Suaibatul., dkk. 2021. Konsep inovasi dalam pembelajaran. Jurnal : STAI- YAPTIP Pasaman Barat

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogyakarta: Diva Press.

Creswell, John W.. 2014. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hasbullah.2019.Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Husama, dkk. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang : UMM Press

Priyadi. Sugeng. 2012. Sejarah Lokal: Konsep, Metode, dan Tantangannya. Yogyakarta Penerbit Ombak,

Sardiman. 2015. Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. Istoria : Jurnal Pendidikan dan sejarah. Volume 11 No 1 September 2015. https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555

Syafaruddin, dkk. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiidkan Nasional

Sumber lain :

Ricky, Mariyana, 2022. Situs Mataram Kuno Boyolali: Candi Sari, Candi Lawang, dan Cabean Kunti. Solopost..https://www.solopos.com/situs-mataram-kuno-boyolali-candi-sari-candi-lawang-dan cabean-kunti-1308760 di akses pada 18 Mei 2022

BPCP Jateng, 2017. Umbul pengging peninggalan masa lalu yanh mempesona. Kemendikbud.https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/umbul-pengging-peninggalan-masa-lalu-yang-mempesona/ di akses pada 18 Mei 2022

http://boyolali.go.id/22-modules/20-post di akses pada 18 Mei 2022




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.50108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats