PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN PADA PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Penelitian ini adalah research and development dengan model Borg dan Gall dengan modifikasi delapan langkah pengembangan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba terbatas, revisi produk, uji lapangan, revisi produk dan diseminasi secara terbatas. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi produk RPP dan LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, dan tes keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan. Kelayakan perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan dianalisis secara kualitatif. Pada uji lapangan, keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan rata-rata gain score ternormalisasi serta uji multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan (1) layak dipergunakan menurut ahli IPA yang terdiri dosen dan guru, dan (2) efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan peserta didik. Nilai gain score kelas eksperimen masing-masing dengan 0,73 dan 0,67 pada kategori sedang dan di kelas kontrol masing-masing 0,24 dan 0,25 pada kategori rendah. Keefektifan juga dibuktikan menggunakan uji Manova dengan hasil signifikansi 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05), artinya ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan sebagai dampak terlatihnya berpikir peserta didik selama mengikuti pembelajaran IPA berbasis KBSB.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.43682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: