IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMAN 1 SUNGAILIAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan penguasaan konsep dan partisipasi aktif peserta didik pada pokok bahasan termokimia di SMAN 1 Sungailiat. Upaya yang dilakukan adalah dengan cara penerapan pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Tahapan pembelajaran berbasis inkuiri (learning sequence) meliputi discovery learning, interactive demontrations, inqury lesson, inqury laboratory, real word application dan hypothetical inquiry.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan gambaran proses yang terjadi pada saat dilaksanakannya pembelajaran di kelas dan intrumen data yang diambil adalah berupa hasil belajar dan partisipasi aktif peserta didik.
Berdasarkan dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada level discovery learning, interactive demontrations, inqury lesson, inqury laboratory diperoleh nilai postes berturut turut sebesar 86,06 ; 90,92 : 91,91 : 80,30 dan 88,48 dengan persentase ketuntasan kelas tiap level berturut-turut 75%, 72,72%, 82%, 81,81%, dan 85%. Sedangkan partisipasi aktif dalam bentuk diskusi kelompok, menyajikan pesentasi, melaksanakan praktikum dan mengerjakan lembar kerja peserta didik memperoleh berturut turut kategore cukup, cukup baik, dan baik. Dari data diatas sesuai dengan kriteria indikator keberhasilan yang sudah ditentukan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif dari peserta didikKeywords
Full Text:
PDFReferences
Devi, Poppy, K Siti Kalsum, dkk. 2009. Kimia 2, Kelas XI SMA dan MA. Edisi BSE. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Kemdikbud. 2016. Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Peraturan Menteri Tentang Standart Proses Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta.
Poppy K, Yayu dkk. 2018, Termokima, Unit Pembelajaran Kimia Berbasis Inkuiri PPPPTK IPA , Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wenning, C.J. 2017. Scientific Practices and Intelectual Skills. Framework for Science Reasoning Literacy Test (SciReLit) by Hanson and Wenning based on Level of Inquiry Model of Science Teaching by Carl J.Wenning. Edisi 8
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.43085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: