METODE “UJIAN LISAN DAN CERDAS CERMAT” UNTUK MEMOTIVASI KESEIMBANGAN HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji Ujian Lisan dan Cerdas Cermat untuk memotivasi keseimbangan Hard Skills dan Soft Skill Siswa SMK.
Metode penelitian dengan melakukan kajian terhadap sejumlah literatur yang dapat mendukung pendekatan analisis, meliputi: data penelitian deskriptif tentang karakteristik siswa SMK, motivasi belajar, kemampuan hard skills dan soft skills, keaktifan siswa, prestasi belajar, penggunaan ujian lisan dan cerdas cermat, metode diskusi presentasi kolaboratif, observasi dalam pembelajaran, serta teknik penilaiannya.
Tuntutan guru di abad 21 harus melakukan inovasi dalam pembelajaran salah satunya menggunakan metode Ujian Lisan dan Cerdas Cermat dalam pembelajaran identifikasi ruang dan alat agar siswa lebih tertarik untuk mengenal dunia Pembibitan dan kultur jaringan di laboratorium, sehingga akhirnya siswa paham dan kompeten. Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat tercapai karena siswa secara langsung mengamati/ observasi alat dimasing-masing ruang dilanjutkan membuat soal dari materi yang dipelajari untuk bahan ujian lisan dan cerdas cermat, maka dengan sedikit paksaan yang tersistem melalui teknik pembelajaran sehingga siswa terbiasa mengasah rasa ingin tahunya dengan literasi. Selain itu dengan kegiatan tersebut juga terbangunnya beberapa karakter kerja sama, disiplin, kerja keras dan menguatkan motivasi belajar secara instrinsik. Dengan metode tersebut siswa secara otomatis akan belajar berulang-ulang dan berakhir pada prestasi belajar siswa karena secara tidak langsung memotivasi siswa untuk belajar serta memunculkan kemampuan soft skills siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abang Ilham. 2009. Pentingnya Upaya Guru Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa. Tersedia: https://abangilham.wordpress.com/2009/03/31/pentingnya-upaya-guru-dalam-mengembangkan-keaktifan-belajar-siswa/ diunduh pada 10 Februari 2018.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. DalamIlmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press. Hal. 1285-1300
Eko Susanto. (2012). 60 Games untuk Mengajar Pembuka dan Penutup Kelas. Yogyakarta: Lukita.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Hamzah B Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Isbandi Rukminto Adi. (1994). Psikologi, Pekerjaan Sosial, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial ; Dasar-Dasar Pemikiran. Jakarta: Grafindo Persada
Muhammaddany. (2012). Soft Skill dan Hard Skill. Tersedia: http://muhammaddany.blogspot.com/2012/03/soft-skill-dan-hard-skill.html. Diunduh tanggal 18 Agustus 2018.
Mulyadi. 1991. Psikologi Pendidikan. Biro Ilmiah. FT. IAIN Sunan Ampel : Malang
Mulyasa, E, 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung : Rosdakarya
Nana Sudjana dan Daeng Arifin. 1998.Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Nuraeni Neyy. 2013. Pengertian Motivasi, Fungsi serta Jenis-jenis Motivasi Belajar.
http ://www.neyynuraeni.blogspot.co.id. diakses tanggal 16-8-2017.
Redja Mudyaharjo. (2008). Filsafat IlmuPendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A. M ( 2007 ). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Hal. 83
Sidi Quintana. (2016). Keaktifan Belajar Siswa. Tersedia: http://sidi-quintana.blogspot.co.id/2016/07/keaktifan-belajar-siswa.html. Diunduh tanggal 10 Februari 2018.
Sudjana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
WS. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: