MODIFIKASI PEKERJAAN RUMAH (PR) SEBAGAI WAHANA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Umi Latun, , Indonesia

Abstract


Sumber daya yang bermutu dan berkarakter menjadi modal utama pembangunan Indonesia seutuhnya. Pemerintah telah menargetkan adanya revolusi karakter bangsa melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Dalam implementasinya di sekolah, ada beberapa cara untuk membangun karakter siswa. Salah satunya adalah melalui modifikasi pekerjaan rumah (PR), yaitu dengan memberikan tugas rumah kepada siswa dengan pelibatan keluarga agar memiliki karakter yang baik atau bahkan lebih baik dan prestasi belajar meningkat. Kegiatan semacam ini sesuai dengan harapan pemerintah dalam pembangunan karakter bangsa melalui program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang lebih ditekankan lagi dalam kurikulum 2013 dimana setiap mata pelajaran harus berkontribusi dalam pendidikan karakter yang mencakup aspek relegius/spiritual dan aspek sosial yang dalam pelaksanaannya dapat dilakukan melalui berbagai media, dengan tempat di mana saja dan dengan siapa saja, dalam arti dapat dilaksanakan dengan selain guru. Modifikasi pekerjaan rumah (PR) memenuhi harapan tersebut. Hasilnya terbukti signifikan serta efisien, efektif, ekonomis, hasilnya lestari dan merupakan langkah inovatif. Dalam hal ini siswa meningkat karakter dan prestasinya ke arah yang lebih baik.

Keywords


Penguatan pendidikan karakter (PPK); modifikasi pekerjaan rumah (PR)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats