PEMBELAJARAN BERBASIS STEM MATERI ELEKTROPLATING MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEM pada materi pokok elektroplating terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa. Penelitian pendahuluan menemukan bahwa pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Yogyakarta belum berorientasi pada keterampilan abad ke-21 yaitu melatihkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kerjasama, dan komunikasi. Siswa dipersiapkan tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi harus bisa menyelesaikan tantangan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian pre-Experimen Design dengan metode One-Group Pretest Posttest Design menurut Sugiyono (2018:74). Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design yaitu diberi perlakuan pretest sebelum diberi perlakuan agar hasil perlakuan dapat diketahui. Uji validitas isi (content validity) untuk instrumen penelitian berupa angket variabel diperoleh melalui pendapat ahli (expert judgment) yaitu pakar ahli dari Widya Iswara PPPPTK IPA sebagai pakar ahli model pembelajaran dan materi instrumen untuk menelaah instrumen penilaian berfikir kritis siswa. Implementasi pembelajaran berbasis STEM pada materi pokok elektroplating dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran STEM PJBL pada topik materi electroplating dapat meningkatan keterampilan berfikir kritis siswa melalui lima tahapan belajar yaitu refleksion, reseach, discovery, aplication, dan communication serta meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata pre-posttest 61,19 menjadi 90 dengan skor N gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pembelajaran berbasis STEM materi elektroplating terhadap keterampilan berfikir kritis dengan skor nilai 2,66 dari rentang 1-3 atau 88,50.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.38660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: