UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (Sciences, Technology, Engineering and Mathematics) PADA MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK
Abstract
Rendahnya kreativitas siswa dalam melakukan praktikum dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IXG SMP N 1 Rembang menjadi permasalahan yang harus diseleseikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA berbasis STEM (Sciences, Technology, Engineering and Mathematics) pada materi energi dan daya listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IXG SMP Negeri 1 Rembang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 32 orang. Metode penelitian menggunakan dua siklus yng masing masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (doing), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas dari kurang baik tahap pra siklus, cukup baik pada siklus I dan baik pada siklus II. Hasil belajar pada materi energi dan daya listrik dengan menggunakan metode pembelajaran STEM dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan 47,4% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 19,4%. nilai rata-rata klasikal dari pra siklus 69, siklus I dengan nilai 78 menjadi 81,41% di siklus II dan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) mengalami peningkatan dari 26,90% pada pra siklus,57,70% pada siklus I menjadi 80,80% pada siklus II. Kreativitas siswa pada materi energi dan daya listrik dengan menggunakan metode STEM dari tahap pra siklus , siklus I sampai siklus II pada kondisi fleksibilitas, kelancaran, elaborasi dan keaslian dalam belajar mengalami perubahan dari kurang kreatif menjadi lebih kreatif. Berdasarkan observasi kemampuan aktivitas diskusi kelompok, pada pra siklus, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Kreativitas, STEM, Energi dan Daya ListrikKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: