UPAYA PPENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PECAHAN SENILAI MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE

Nisem Nisem,

Abstract


Berdasarkan hasil ulangan harian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Mangunan belum tuntas pada materi pecahan senilai disebabkan beberapa faktor. Penelitian tindakan kelas berjudul Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle di Kelas IV SDN Mangunan Sleman bertujuan untuk meningkatan keterampilan menghitung pecahan senilai di kelas IV SDN Mangunan Caturharjo Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama dua siklus dan masingmasing siklus berlangsung selama dua pertemuan. Penelitian ini menilai peningkatan keaktifan, ketermpilan dan prestasi siswa sebagai data utama. Setiap akhir pertemuan, siswa dinilai kemampuannya mengerjakan soal. Pada akhir siklus satu terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 42,22 menjadi 69,44. Hasil siklus satu belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan karena belum mencapai ≥ 75 % dari jumlah siswa yang mengalami ketuntasan. Siklus kedua menunjukkan hasil peningkatan rata-rata kelas sebesar 69,44 menjadi 81,67 Sehingga bisa disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle pecahan dari bahan kardus bekas ini mampu meningkatkan ketrampilan menghitung pecahan senilai pada siswa kelas IV SDN Mangunan.

Keywords


Puzzle; ketrampilan; menghitung; pecahan senilai

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats