Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tutor sebaya terhadap peningkatan motivasi minat baca siswa kelas VI pada SD Negeri Karangtengah IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah dengan pemanfaatan teman sekelas sebagai tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan membaca, minat siswa kelas VI SD Negeri Karangtengah VI masih rendah. Namun, ketika berkomunikasi dengan teman sebayanya dalam kegiatan sehari-hari, siswa jauh lebih mudah. Hal tersebut yang mendorong untuk menggunakan teman sebagai tutor sebaya untuk menumbuhkan minat baca. Tahapan pelaksanaan berupa pendahuluan, pelaksanaan, dan kegiatan evalusai. Pemanfaatan tutor sebaya dilakukan ketika kegiatan literasi berlangsung. Siswa yang berperan sebagai tutor sebaya, memandu temannya yang kurang berminat dalam kegiatan membaca. Dalam satu kelas dibentuk menjadi empat kelompok, dengan tiap kelompok memiliki satu tutor sebaya. Kendala yang terjadi di lapangan adalah harus ada kejelian dalam memilih siswa untuk menjadi tutor sebaya. Efektifitas tutor sebaya dalam kegiatan pembelajaran adalah adanya peningkatan minat baca pada siswa dalam tiap-tiap kelompok. Minat baca tumbuh karena adanya motivasi dari masing-masing anggota kelompok. Dalam tiap kelompok tersebut, antara siswa yang satu memotivasi siswa yang lain. Hasil akhir menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya, minat baca di kelas VI pada SD Negeri Karangtengah IV mengalami peningkatan.