Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Eko Puji Dianawati, SMK Negeri 1 Nanggulan, Indonesia

Abstract


Media tebak gambar dan talking stick dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan melatih disiplin dalam belajar, membangun kerjasama tim dalam kelompok, melatih siswa bertanggung jawab, memotivasi siswa berpendapat dengan santun dan percaya diri dalam berkomunikasi untuk meningkatkan kemampuan soft skills, serta mampu mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Motivasi belajar yang tinggi mampu meningkatkan prestasi belajar.
Kata kunci: media, tebak gambar, talking stick, motivasi belajar

Keywords


media; tebak gambar; talking stick; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (1994) Psikologi, Pekerjaan Sosial, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial; Dasar-Dasar Pemikiran. Jakarta: Grafindo Persada

Arsyad, A. (2002) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). (2006) Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2003) Data Perkembangan SMK di Indonesia Sampai Dengan 2002. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Dit. Dikmenjur.

Faizah, Dewi Utama. (2008) Keindahan Belajar dalam Perspektif Pedagogi. Jakarta: Cindy Grafika.

Psikoma. (2016) 15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini. http://www.psikoma.com/mengenal-teknik-guru-masa-kini/ diakses pada 25 Agustus 2017.

Sanjaya, Wina. (2011) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman A.M. (2007) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2005) Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, Eko. (2012) 60 Games untuk Mengajar Pembuka dan Penutup Kelas. Yogyakarta: Lukita.

Uno, Hamzah B. (2008) Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats