Penilaian Kebutuhan Pelatihan Online Tentang Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru di DIY

Estu Miyarso, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemahaman guru di Wilayah DIY dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013; 2) mengetahui perlunya e-training bagi guru di wilayah DIY dalam menerapkan Kurikulum 2013; 3) mengetahui model pelatihan e-training yang tepat bagi guru di DIY dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Guru di wilayah DIY sudah memahami dan mampu menerapkan Kurikulum 2013 dengan baik. Pemahaman guru tentang penerapan pendekatan ilmiah dalam kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik. 2) Kurikulum e-training 2013 perlu diadakan dan dihadiri oleh para guru di wilayah DIY. e-training akan lebih tepat jika diterapkan untuk guru bersertifikasi di tingkat sekolah menengah pertama. 3) e-training yang akan diadakan akan lebih tepat ketika menerapkan blended learning. Evaluasi pembelajaran adalah isi materi yang harus diprioritaskan untuk disampaikan dalam pelatihan kurikulum 2013.
Kata kunci: penilaian kebutuhan, e-training kurikulum nasional 2013

Keywords


penilaian kebutuhan; e-training kurikulum nasional 2013

Full Text:

PDF

References


Arkorful, V., & Abaidoo, N.A. (2015). The Role of e-Learning, Advantages and Disadvantages of Its Adoption in Higher Education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(1), 29-43. Diunduh dari http://doi.org/10.3991/ijac.v3i2.1322. Diakses pada tanggal 25 Januari 2018.

Bardach, K. C. (1997). Patterns and trends in executive education. Selections, 14(1), 18-25.

Bouhnik, D., & Marcus, T. (2006). Interaction in distance-learning courses. Journal of the American Society Information Science and Technology, 57(3), 299–305.

Hong, K. S., Lai, K. W., & Holton, D. (2003). Students’satisfaction and perceived learning with web-based course. Educational Technology and Society, 6(1), 116–124.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyono. (2002). Manajemen Diklat. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats