Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan magang siswa SMK di studio Subandi Giyanto

Anggita Mundhi Lestari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eni Puji Astuti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter melalui kegiatan magang di Studio Subandi Giyanto pada siswa SMK. Pendidikan karakter yang diterapkan melalui pembiasaan dan keteladanan. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian siswa magang, melakukan validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat lima nilai pendidikan karakter utama yaitu religius, disiplin, kreatif, sopan santun, dan bertanggung jawab, 2) kegiatannya terintegrasi pada proses pembelajaran magang 3) memberikan dampak yang baik terhadap perilaku dan karakter siswa 4) kendala yang dihadapi berasal dari timbulnya perasaan gugup, keterbatasan komunikasi antar siswa, dan karakter siswa yang banyak terpengaruh teknologi, 5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala saat proses implementasi pendidikan karakter diantaranya yaitu melakukan pendekatan personal kepada siswa, melatih kepekaan siswa magang terhadap lingkungan, menjalin hubungan antar siswa, dan melatih komunikasi siswa.



Keywords


pendidikan karakter; magang SMK; studio wayang

References


Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara. Kemenperin, R. (2003). Undang-Undang RI No 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Afrizal, S.,

Kuntari, S., Setiawan, R., & Legiani, W. H. (2020). Perubahan Sosial pada Budaya Digital dalam Pendidikan Karakter Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 429-436).

Sauri, Sofyan. (2015). Pendidikan Karakter peluang dalam membangun karakter bangsa. Jember: IAIN Jember Press.112

Siswinarti, P. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab. Retrieved August, no.

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship bagi peningkatan kompetensi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199- 204 Magang

Mustanir, A. (2019). Magang mahasiswa. Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Sumartono. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Seni Rupa&Desain). Jakarta: Pusat Studi Reka Rancang Visual Dan Lingkungan




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v3i1.64241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 anggita mundhi lestari


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: