Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra dan Cabri Ditinjau dari Prestasi Belajar, Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy

Paulus Roy Saputra, Universitas Riau Kepulauan Jalan Batu Aji Baru No.99, Kepulauan Riau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran geometri berbantuan Cabri dan pembelajaran geometri berbantuan Geogebra ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu desain pretest-posttest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Santa Maria Banjarmasin. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIA dan kelas VIIB yang dipilih secara acak. Kelas VIIA menggunakan pembelajaran geometri berbantuan Cabri dan kelas VIIB menggunakan pembelajaran geometri berbantuan Geogebra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa (1) pembelajaran geometri berbantuan Cabri efektif; (2) pembelajaran geometri berbantuan Geogebra efektif; (3) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran geometri berbantuan Geogebra dan Cabri; (4) pembelajaran geometri berbantuan Geogebra lebih efektif dari pada pembelajaran geometri berbantuan Cabri.

Kata Kunci: Cabri, Geogebra, prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy

 

Geometry Instruction Using Cabri and Geogebra in Terms of Achievement, Creative Thinking, and Self-Efficacy

 

Abstract

This study aimed to describe and to compare the effectiveness geometry instruction using Cabri and Geogebra in terms of the achievement, creative thinking, and self-efficacy of the students  junior high schools. This research was a quasi-experimental research with the pretest-posttest non-equivalent group design. This study used two experimental groups without control groups. The population of the study was all grade VII students of Junior High School Saint Mary Banjarmasin. The sample of two classes (class VIIA, and class VIIB) was established randomly. Class VIIA got geometry instruction with Cabri and class VIIB got geometry instruction with Geogebra. The results show that in terms of students’ academic achievement, creative thinking, and self-efficacy: (1) geometry instruction using by Cabri was effective; (2) geometry instruction using by Geogebra was effective; (3) there was a difference in the instruction using Cabri and that using Geogebra; (4) geometry instruction using Geogebra was more effective than geometry instruction using Cabri.

Keywords: Cabri, Geogebra, academic achievement, creative thinking, and self – efficacy

Keywords


Cabri; Geogebra; prestasi belajar; berpikir kreatif; dan self-efficacy

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Beetlestone, F. (2011). Strategi pembelajaran untuk melesatkan kreativitas siswa. (Terjemahan Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Fitriyani, W., & Sugiman. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268-283.

Friedman, H.S & Schustack, M. W. (2008). Kepribadian teori klasik dan riset modern. (Terjemahan Fransiska Dina Ikarini, Maria Hany, dan Andreas Provita Prima). Jakarta: Erlangga.

GCI (2011). Creativity and Prosperity: the global creativity index. Toronto: Martin Prosperity Institute.

Krismiati. (2009). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif Geometri SMP melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri Geometry II. Tesis M.Pd tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: The National Council of The Teacher of Mathematics.

NCTM. (2010). PISA 2009 results: what students know and can do student performance in reading, mathematics and science (volume I). Diakses pada tanggal 4 juli 2012 dari http://www.oecd-ilibrary.org/educati-on/pisa-2009-results-what-students-know-and-can-do_9789264091450-en

Presiden RI. (2006). Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.

Rahman. R. (2010). Pengaruh pembelajaran berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self-concept siswa. Tesis M.Pd tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Santrock, J.W. (2007). Remaja (11th ed jilid 1). (Terjemahan Benedictine Widyasinta). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2007). Memotivasi siswa belajar geometri dengan lingkaran titik sembilan. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 65-71.

Warsita, B. (2011). Teknologi pembelajaran: Landasan dan teorinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats