Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 DIY
Rusgianto Heru Santoso, Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemahaman guru matematika, (2) implementasi pendekatan saintifik, dan (3) hambatan dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 20 orang guru matematika kelas VII di Provinsi DIY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar review dokumen, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru memiliki kriteria baik dengan rata-rata penilaian total 3,86 dari nilai maksimum 5 (2) Implementasi pendekatan saintifik memiliki kriteria baik dengan rata-rata penilaian total 3,65 dari nilai maksimum 5. (3) Terdapat hambatan pada pembuatan RPP dan pelaksanaan pembelajaran. Cara mengatasi hambatan di antaranya, yaitu aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP, mengikuti workshop/pelatihan, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan pendampingan dari tim pengembang kurikulum, guru inti, kepala sekolah, serta pengawas tingkat kabupaten atau kota.
Kata Kunci: implementasi, pendekatan saintifik, matematika, Kurikulum 2013
The Implementation of Scientific Approach in Mathematics Subject for Grade VII in 2013/2014 of Curriculum 2013 DIY
Abstract
This study is to describe (1) mathematics teachers' understanding, (2) the implementation of the Scientific Approach, and (3) the constraints and their solutions. This study is descriptive qualitative. The subjects in this study were 20 mathematics teachers of year VII in DIY. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The instruments used in this study were review document sheets, observation sheets, and interview manual sheets. The data were analyzed qualitatively based on the process of data collecting, data reduction, data presenting, and verification or conclusion drawing. The results of the study showed that (1) the teachers' understanding is in good criteria with the average total score of 3.86 for maximum score 5. (2) The implementation of the Scientific Approach is in good criteria with the total average score of 3.65 for maximum score 5. (3) There are constraints in designing the lesson plan and its implementation. The ways to anticipate it include being active in MGMP routine activities, taking part in a workshop/training, being creative and innovative in using the Scientific Approach in the teaching process, getting the assistance from the curriculum developers, core teachers, school principals and the regional superintendant.
Keywords: implementation, scientific approach, mathematics, Curriculum 2013Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, D. & Hamm, M.. (2010). Demystify math, science, and technology: creativity, innovation, and problem solving. Plymouth: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
Baharuddin. (2010). Pendidikan dan psikologi pengkembangan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kemendikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Marpaung Y. (2008). Reformasi pembelajaran matematika sekolah dan asesmennya. Dalam Slamet Soewandi, dkk., Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi. Yogyakarta: Unversitas Sanata Dharma.
Miles, M.B. & Huberman, M. A. (1984). Qualitative data analysis a source of new methods. Beverly Hills, CA: Sage Publications.
Nasution. S (2008). Metode research (penelitian ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Oliva, Peter F.. (1992). Developing the curriculum. New York, NY: Harper Collins Publishers.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Saifuddin Azwar. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sjarkawi. (2011). Pembentukan kepribadian anak: peran moral, intelektual, emosional, sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X