Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal terbuka (open-ended problem) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII yang valid dan memiliki karakteristik soal yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang ditetapkan oleh McIntire & Miller. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, perancangan produk dan pengembangan produk. Penelitian ini menghasilkan soal terbuka (open-ended problem) yang meliputi kisi-kisi soal, 28 butir soal uraian (essay), dan pedoman penskoran. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kategori valid. Soal terbuka yang dikembangkan juga memiliki karakteristik yang baik ditinjau dari tingkat kesulitan soal dan daya pembeda soal, keduanya berturut-turut berada pada kategori sedang dan soal diterima dengan baik. Hasil estimasi reliabilitas sebesar 0,72 dengan standar kesalahan pengukuran atau SEM sebesar 2,376. Berdasarkan hasil uji lapangan, kemampuan berpikir kreatif siswa hanya berada pada kemampuan kelancaran dan keterincian, sedangkan prestasi belajar matematika siswa mencapai kategori positif. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa soal terbuka (open-ended problem) yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan soal terbuka, open-ended problem
Developing An Open Question Test (Open-Ended Problem) in Mathematics for Year Eight Students Of Junior High School
Abstract
This aim of study were to produce a valid and good open question test (open-ended problem) in learning mathematics for 8th grade students of JHS. This was a developmental reserach using development model set by McIntire & Miller. The steps in this study included preliminary study, product design, and product development. The result of this study was an open question test (open-ended problem), including test blueprint, 28 items of essay tests, and scoring guide. The validation result showed that the developed tests have a valid category. The developed open questions also have a good characteristic, viewed from the test difficulty and distinguishing power which are in medium category and available received. The generated reliability is 0,72 with the measurement error standard or SEM is 2,376. Based on the field trial result, students’ creative thinking ability just stated on fluently and detail, and student’ mathematics achievement was in positive category. Overall, the study result showed that the developed open questions (open-ended problem) are feasible to use.
Keywords: Open question development, open-ended problemKeywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, L., & McComas, W.F. (1999). Asking more effecive questions. Ressier School of Education. Diambil pada tanggal 14 Oktober 2014, dari: cet.use.edu/ resources/teaching_learning/docs/Asking_Better_Questions.pdf.
Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and psychological measurement, 40(4), 955-959.
Ali Mahmudi. (2008). Mengembangkan soal terbuka (open-ended problem) dalam pembelajaran matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan Oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.
Badger, E. & Thomas, B. (1992). Open ended question in reading. Practical assessment, research & evaluation, 3(4). Diambil pada tanggal 20 Agustus 2014, dari http://pareonline.net/getvn.asp?v=3&n=4.
BSNP.(2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum: Pedoman Umum Pembelajaran.
Livne , N. L, Livne, O. E., & Wight, C. A. (2008). Enhancing mathematical creativity through multiple solutions to open-ended problems online. [Online]. Diambil pada tanggal 13 Juli 2013, dari http://www. iste.org/content/navigationMenu/research/NECC_Research_Paper_Archives/NECC2008/Livne.Pdf.
McIntire, S.A., & Miller, L.A. (2000). Foundation of psychology testing. Boston, MA: McGraw-Hill.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., & Foy, P.. (2008). TIMSS 2007 international mathematics report: finding from IEA’s trends in international mathematics and science study at the fourt and eighth grades. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., et. al. (2012). Trends in international mathematics and science study TIMSS. TIMS 2011 international results in mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education.
DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X