PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

Hasratuddin Hasratuddin, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Medan

Abstract


Matematika adalah ilmu deduktif yang mengacu pada sistem aksiomatik dan taat azas serta memiliki objek yang abstrak yaitu berupa objek langsung dan objek tak langsung. Matematika merupakan suatu sarana yang dapat menumbuh kembangkan pola pikir logis, sistematis, kritis, objektif, rasional dan taat azas. Secara umum pekerjaan dalam matematika adalah menunjukkan dan membuktikan suatu kebenaran. Dengan keabstrakan objek dalam matematika, maka suatu hal yang wajar apabila dalam memahami suatu konsep dalam matematika akan memerlukan suatu analisis yang lebih dibanding dengan ilmu lain, dan kerap sekali siswa akan menemui kesulitan. Kata kunci : matematika, deduktif, abstrak, pandangan, berguna 

Full Text:

PDF

References


Burns, M. 1986. Teaching “What To Do In Arithmetics”versusTeaching “What To Do And Why”. Education Leadership,43, 34-38.

Clark,C., Carter,B. & Sternberg, B. 1988. Math In Stride.Menlo Park: NCTM.

Hasratuddin. 2006. Aspek Aspek Domain Afektif Siswa SMP se Kota Medan. Laporan Penelitian. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika.Jakarta: P2LPTK.Lappan,G.

Schram. 1989. Comunication and Reasoning: Critical Dimension of Sense making mathematics. Yearbook. Ristoon, va: The NCTM.

Linquist, M.M. 1989. It is Time To Change. In trafrom, PR & Shulte AP. Yearbook. Ristoon, va: The NCTM.

Soedjadi, R. 2001. Nilai Nilai dalam Pendidikan Matematika dan Upaya Pembinaan Pribadi Anak Didik. Surabaya: Unesa.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v4i1.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats