Analisis Hubungan Self-Efficacy dan Representasi Matematis terhadap Pemecahan Masalah Matematis

Nanang Supriadi, Departemen Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
Anggun Lupita Sari, Departemen Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
Ana Risqa JL, Departemen Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Abstract


Pemecahan masalah merupakan hal dasar yang seharusnya dimiliki siswa, terutama dalam mempelajari matematika, jika pemecahan masalah yang dimiliki baik maka kemampuan matematika nya juga akan baik. Penelitian ini memiliki  tujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung antara self-efficacy, dan representasi matematis terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri di Kebupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu stratified random sampling jumlah strata sebanyak 3 dan untuk masing-masing strata berjumlah 24, 30 dan 26 siswa, kemudian dengan menggunakan rumus slovin maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket self-efficacy serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan representasi matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap representasi matematis, serta representasi matematis  dan self-efficacy terhadap pemecahan masalah matematis, juga representasi matematis secara signifikan memediasi hubungan tidak langsung antara self-efficacy terhadap pemecahan masalah matematis.

 

Problem-solving is a basic thing that students should have, especially in mathematics lessons, if the problem-solving they have is good then their math skills will also be good. This study aims to determine the direct or indirect relationship between self-efficacy and mathematical representation of students' mathematical problem-solving. This study uses a quantitative approach to the type of research ex post facto. The population in this study were all-state junior high school students in Pesawaran District, Lampung Province. The Slovin formula was used to determine the number of samples, a sample of 60 students was obtained and the sampling technique used was stratified random sampling. The instruments used in data collection were self-efficacy questionnaires and tests of mathematical problem-solving abilities and mathematical representations. The results of this study indicate that there is a direct relationship between self-efficacy on mathematical representations, as well as mathematical representations and self-efficacy on solving mathematical problems. Mathematical representations also significantly mediate the indirect relationship between self-efficacy on mathematical problem-solving.


Keywords


Pemecahan masalah matematis; represenatsi matematika; self-efficacy

Full Text:

PDF

References


Agumuharram, F. N., & Soro, S. (2021). Self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2352–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.862

Amri, S., Widada, W., Susanta, A., & Zamzaili, Z. (2020). Mathematical problem solving capabilities: self-confidence, self-efficacy, emotional intelligence, and concept understanding ability. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 20–26. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.20-26

Apriliyani, S. W., Hartati, L., & Rahmatulloh, R. (2022). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam penyelesaian soal statistika ditinjau dari self efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148.

Cahya, A. R. H., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Mutaqin, A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematikaberdasarkan polya ditinjau dari kemampuan representasi matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v5i1.4016.

Choirunnisa, A., Prayekti, P., & Septyarini, E. (2020). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja individual dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 298–316. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.400

Daulay, K. R., & Ruhaimah, I. (2019). Polya theory to improve problem-solving skills. Journal of Physics: Conference Series 1188 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012070.

Erozkan, A. (2013). The effect of communication skills and interpersonal problem solving skills on social self-efficacy. Educational Sciences: Theory and Practice, 13(2), 739–45. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:22676868

Eviliyanida, E. (2016). Pemecahan masalah matematika. Visipena Journal 1 (2): 10–17. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i2.26.

Farahhadi, S. D., & Wardono, W. (2019). Representasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 606–10. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29071

Fatmasari, H. R., Waluya, S. B., & Sugianto, S. (2022). Mathematical problem solving ability viewed from self-efficacy of 7 th grade students. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(2), 206–211. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/43208

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093–1104. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7314

Hartono, H., Firdaus, M., & Sipriyanti, S. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam materi fungsi dengan pendekatan open ended pada siswa kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Eksponen, 9(1), 9–20. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.128.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal TA’DIB, 22(1). http://dx.doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas x dalam menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77–85. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa smp dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/375

Jumaita, A. P., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis mathematical problem solving skills of student of the grade VIII-2 Junior High. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–37. https://www.noveltyjournals.com/issue/IJNREL/Issue-2-March-2017-April-2017

Kholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 26. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.

Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A., & Bilda, W. (2020). Pengaruh self efficacy siswa smp terhadap pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 285–91. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/913

Kurniawati, A. D, & Siswono, T. Y. E. (2014). Pengaruh kecemasan dan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat siswa kelas X SMA Negeri Ponorogo. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 36–41. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8654

Lestari, J. S., Farida U., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh kepemimpinan, kedisiplinan, dan lingkungan kerjaterhadap prestasi kerja guru. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 38–55. https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p569-575

Makhbul, Z. M., & Khairuddin, S. M. H. S. (2014). The effect of occupational stressors on health and individual productivity: assessments via sobel test. Jurnal Ekonomi Malaysia, 48(1), 117–131. https://www.ukm.my/jem/article/the-effect-of-occupational-stressors-on-health-and-individual-productivity-assessments-via-sobel-test/

Marasabessy, R. (2020). Kajian kemampuan self efficacy matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 168–83. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/343

Nurkaeti, N. (2018). Polya’s strategy: an analysis of mathematical problem solving difficulty in 5th grade elementary school. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 140. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10868.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–37. https://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/185

Rozali, M., & Kusnadi, K. (2020). Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT Takeda Indonesia. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 65–74. https://doi.org/10.46975/aliansi.v13i2.24.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 1(2), 33–44. https://www.researchgate.net/publication/317542057

Sari, H. J., Kusaeri, A., & Mauliddin, M. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 57. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/1813

Sarwono, J. (2011). Mengenal path analysis: sejarah,pengertian dan aplikasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 11(2), 285–96. https://www.neliti.com/publications/98454/mengenal-path-analysis-sejarah-pengertian-dan-aplikasi#cite

Setyawati, R. D., Ambarizka, E. B., & Handayanto, A. (2020). Profil kemampuan representasi matematis siswa smp ditinjau dari self efficacy. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 220–35. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.6627.

Somawati, S. (2018). Peran efikasi diri (self efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800.

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. SigΣa: Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 1(2), 64–68. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/68

Sudarman, S. (2014). Proses berpikir siswa quitter pada sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 15–24. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/181

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar, M. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94.

Taufik, M. S., Machmud, S., Zulfikar, V. A., & Coenraad, D. P. (2022). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Computech & Bisnis, 16(1), 20–27. https://doi.org/10.56447/jcb.v16i1.45

Yayuk, E, & Husamah, H. (2020). The difficulties of prospective elementary school teachers in item problem solving for mathematics: Polya’s Steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 361–78. https://doi.org/10.17478/jegys.665833.

Yuliyani, R., & Handayani, S. D., Somawati, S. (2017). Peran efikasi diri (self efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(2), 130–43. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228.

Zulkarnain, Z., Zulnaidi, H., Heleni, S., Syafri, M. (2020). Effects of sscs teaching model on students’ mathematical problemsolving ability and self-efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475–88. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14128A.




DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v18i2.64588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats