Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi

Endah Ekowati, , Indonesia
Kukuh Guntoro, , Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui minat atau motivasi belajar siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam  pembelajaran Geometri dengan soal Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi  (2)  untuk mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam  pembelajaran Geometri dengan soal  Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi. Adapun tempat penelitian di dalam kelas 6 SD Buin Batu untuk penelitian peningkatan prestasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tanggart dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi untuk setiap siklus dan  penelitian ini bersifat kolaboratif dengan  Kepala sekolah sebagai observer di kelas 6 SD – 3 SMP Buin Batu Sumbawa Barat. Hasil pengolahan data untuk tiap siklus diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) untuk siklus pertama, dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 7 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 13 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 35 % dari seluruh siswa yang tuntas. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (b) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 10 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 10 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 50 % dari seluruh siswa yang tuntas sehingga terdapat peningkatan sebesar 15 %. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (c) pada siklus ketiga (terakhir) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu yang telah tuntas belajarnya 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, sehingga pada siklus ini dihentikan penelitiannya karena terdapat 85 % secara klasikal telah tuntas belajarnya.

Keywords


Geometri; soal Open Ended; berpikir tingkat tinggi; ketuntasan individu; ketuntasan klasikal

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Balai Pustaka.

Priatna, N. 2004. Saya ingin pintar matematika. Bandung: Grafindo

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

STRARS-C. 2001. Tujuh Prinsip CTL (Versi Transparansi). Surabaya: UNESA

Wardani, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka

Zuhdan, K.P., dkk. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas terbuka




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats