Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesesuaian buku teks Kemendikbud Matematika kelas VII edisi revisi 2014 dengan Kurikulum 2013 dilihat dari Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis konten. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pendefinisian unit, penentuan sampel, pencatatan, pereduksi data, penarikan kesimpulan, dan penarasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Isi pada Kurikulum 2013 dilihat dari (1) cakupan materi adalah sebesar 90,91%. Pada cakupan materi dalam buku, tidak terdapat pokok bahasan Bidang Cartesius. (2) Kesesuaian KD adalah sebesar 95,45%. (3) Keluasan materi adalah sebesar 90,91%. (4) Kedalaman materi adalah sebesar 90,91%. (5) Keakuratan materi adalah sebesar 81,82%. (6) penyajian materi adalah sebesar 87,27%. Kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Proses pada Kurikulum 2013 dilihat dari substansinya adalah sebesar 90,9%. Kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Penilaian pada Kurikulum 2013 adalah sebesar 54,55%.
Kata Kunci: buku teks matematika, materi, standar isi, standar proses, standar penilaian, kurikulum 2013
An Analysis of Content of the Relevance of the Materials in the Mathematics Textbook for Grade VII to Curriculum 2013
Abstract
This study aimed to describe the relevance of the materials in the 2014 revised edition mathematics textbook for Grade VII published by Puskurbuk to Curriculum 2013 in terms of the Content Standar, the Process Standar, and the Assessment Standar. This research was a qualitative study using content analysis. The data were analyzed by means of the instruments that had been validated. The data analysis was carried out through the stages of unit definition, recording, data reduction, conclusion drawing, and narration. The results of the study showed that the relevance of the materials in the book to the Content Standar in Curriculum 2013 is as follows. (1) In terms of the materials coverage, the relevance is 90.91%. (2) In terms of Basic Competencies (BC) in Curriculum 2013, it is 95.45%. (3) In terms of the materials breadth, it is 90.91%. (4) In terms of the materials depth it is 90.91%. (5) In terms of the materials accuracy, it is 81.82%. (6) In terms of the materials presenting, it is 87.27%. The relevance of the materials in the book to the Process Standar in Curriculum 2013 in terms of the substance is 90.9%. The relevance of the materials in the book to the Assessment Standard in Curruculum 2013 is 54.55%.
Keywords: mathematics textbook, content, content standar, process standar, assessment standar, curriculum 2013
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Agustina, D. A. (2015). Analisis Buku Teks Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach dan Authentic Assessment pada kurikulum 2013 kelas V tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar. Tesis, magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of bloom’s taxonomy of educational objectives (A Bridged Edition). Boston: Addison Wisley Longman, Inc.
Biggs, J.B. & Collis, K.F. (1982). Evaluating the quality of learning: The solo taxonomy (structure of the observed learning outcome). London: Academic Press, Inc.
Gerde, H. K. & Schachter, R. E. (2013). Using the scientific method to guide learning: An Integrated approach to early childhood curriculum. Early Childhood Educ J. 41, 315-323.
Kemendikbud. (2014a). Matematika: SMP/MTs kelas VII semester 1 (edisi revisi 2014). Jakarta: Puskurbuk.
Kemendikbud. (2014b). Matematika: SMP/MTs kelas VII semester 2 (edisi revisi 2014). Jakarta: Puskurbuk.
Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology (2nded.). USA: Sage publications, Inc. Macintyre, T. & Hamilton, S. (2010). Mathematics learners and mathematics textbooks: A Question of identity? whose curriculum? Whose mathematics? The Curriculum Journal, 21(1), 3-23.
Mendikbud. (2013a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses.
Mendikbud. (2013b). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Mendikbud. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 58 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Mendikbud. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014, tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Mendikbud. (2014c). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 104 Tahun 2014, tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Mesa, V. & Griffiths, B. (2012). Textbook mediation of teaching: An example from tertiary mathematics instructors. Education Study Mathematics, 79,85-107.
Miller, M. D., Linn, R. L. & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and assessment in teaching (10th ed.). Upper Saddle River: Pearson.
NCTM. (2000). Principles and standar for school mathematics. Reston: The national council of mathematics, Inc.
Neuendorf, K. A. (2002). The content analysis guidebook. London: Sage publications, Inc.
Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis buku teks muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1-15. Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7181
Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students (6th ed). Boston: Pearson.
O’Keeffe, L. (2013). A framework for textbook analysis. International Review of Contemporary Learning Research, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.12785/irclr/020101
Presiden. Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013, tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rusindrayanti, R., & Santoso, R. H. (2015). Implementasi pendekatan saintifik mapel matematika kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 pada kurikulum 2013 DIY. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 80–94. Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9112/pdf
Shield, M. & Dole, S. (2013). Assessing the potential of mathematics textbooks to promote deep learning. Education Study Mathematics, 82, 183-199.
Soeyono, Y. (2014). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218. Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9081/pdf_1
Weinberg, A. & Wiesner E. (2011). Understanding mathematics textbooks through reader-oriented theory. Educ Stud Math, 76, 49-63.
DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X