NGOHIONG TEMPE KAYA AKAN PROTEIN SEBAGAI MAKANAN VIRAL GEN Z
Abstract
Penelitian ini mengkaji potensi ngohiong tempe sebagai makanan yang viral di kalangan Generasi Z dan kaya akan protein. Ngohiong tempe merupakan inovasi kuliner yang menggabungkan tempe, sumber protein nabati yang populer di Indonesia, dengan bumbu ngohiong khas Tionghoa. Studi ini menganalisis kandungan nutrisi ngohiong tempe, terutama kadar proteinnya, serta persepsi dan penerimaan Generasi Z terhadap makanan ini. Metode yang digunakan adalah model R&D 4D (Define, Design,Develop, Disseminate). Tahap Define merupakan tahan dimana menentukan resep dasar yang terbaik untuk di gunakan ke tahap design. Tahap Design merupakan pembuatan tiga formula resep ngohiong dengan penambahan bahan tempe sebagai sumber protein nabati yang kemudian diuji secarasensoris. Tahap Develop merupakan uji validasi dan evaluasi respons panelis. Tahap Disseminate merupakan penyebarluasan produk melalui uji panelis terbatas dan skala besar. Survei mengungkapkan bahwa 78% responden Gen Z tertarik mencoba ngohiong tempe. Faktor- faktor seperti rasa unik, nilai gizi tinggi, dan daya tarik visual di media sosial berkontribusi pada potensi viralnya di kalangan Gen Z. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ngohiong tempe memiliki prospek yang baik sebagai makanan viral yang kaya protein dan sesuai dengan preferensi Generasi Z.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.