PENILAIAN E-MODUL PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK
Eneng Lutfia Zahra, , Indonesia
Yoga Matin Albar, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran e-modul pembuatan pola busana anak dan memperoleh penilaian media pembelajaran e-modul pembuatan pola busana anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan pre-experimental dan desain penelitian one-shot case study. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data melalui tahap penyebaran kuesioner tertutup-terbuka kepada para panelis ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan teori penilaian berdasarkan karakteristik modul yang meliputi self instruction, self contained, stand alone, adaptive, serta user friendly dan teori elemen mutu modul yang meliputi aspek format, organisasi, daya tarik, bentuk dan huruf, ruang kosong, dan konsistensi. Hasil penelitian berdasarkan aspek karakteristik modul memperoleh persentase sebesar 95% dengan aspek tertinggi yaitu aspek stand alone dan adaptive dan aspek terendah yaitu aspek user friendly. Hasil dari penelitian berdasarkan mutu elemen modul memperoleh persentase sebesar 89.6% dengan aspek tertinggi yaitu aspek daya tarik dan aspek terendah yaitu aspek ruang kosong. Secara keseluruhan, penilaian e-modul pembuatan pola busana anak mendapatkan persentase sebesar 92.2% sehingga modul berada pada kategori sangat layak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.