PENGEMBANGAN GYOZA TEMPE KEMANGI DENGAN SUBTITUSI TEMPE SEBAGAI ALTERNATIF CAMILAN SEHAT BERBASIH BAHAN PANGAN LOKAL UNTUK GENERASI Z
Badraningsih Lastariwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Gyoza merupakan makanan camilan yang berasal dari jepang dengan bahan
utama udang dan ayam sebagai isian. Gyoza Tempe Kemangi merupakan
sebuah produk alternatif camilan untuk Gen-Z menggunakan subtitusi tempe
dengan cita rasa gurih dan sedap dari daun kemangi ya ng tentunya memiliki
gizi yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menemukan resep produk
Gyoza Tempe Kemangi, 2) menentukan kemasan produk Gyoza Tempe
Kemangi, 3) mengetahui Tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk
Gyoza Tempe Kemangi, 4) menentukan harga jual dan break-even point
produk Gyoza Tempe Kemangi. Metode penelitian yang digunakan dalam
produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan
model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan
Disseminate. Pembuatan Gyoza Tempe Kemangi dengan melalui tahapan
ujicoba resep produk acuan, uji coba resep produk pengembangan, uji
validasi produk oleh expert, uji tingkat kesukaan produk dengan panelis skala
terbatas, serta didiseminasikan melalui pameran. Analisis data diperoleh dari
uji sensoris dengan 50 orang panelis lalu diuji menggunakan uji paired t-test
untuk mengetahui adanya tingkat perbedaan daya terima antara produk acuan
dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
1) resep produk Gyoza Tempe Kemangi yang tepat dengan substitusi tempe
25% dan tepung tempe 25%, 2) kemasan produk menggunakan box kraft
coklat laminasi jendela dengan ukuran 12x12x5 cm, 3) daya terima
masyarakat terhadap Gyoza Tepme Kemangi ditunjukkan dengan penilaian
uji sensoris dan hasil analisis uji paired t-test. Hasil uji paired t-test di atas
menunjukan nilai p-value dari aspek menunjukkan nilai p-value dari aspek
warna, aroma, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan secara berturut-turut
bernilai 0,001; 0,001; 0,001; 0,001; 0,001; dan 0,001 dimana seluruhnya
bernilai < α = 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan sehingga penerimaan
masyarakat terhadap Gyoza Tempe Kemangi yang lebih tinggi dibandingkan
gyoza biasa, dan 4) harga jual Gyoza Tempe Kemangi Rp.3.500/unit dengan
BEP unit sebanyal 15 unit.
utama udang dan ayam sebagai isian. Gyoza Tempe Kemangi merupakan
sebuah produk alternatif camilan untuk Gen-Z menggunakan subtitusi tempe
dengan cita rasa gurih dan sedap dari daun kemangi ya ng tentunya memiliki
gizi yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menemukan resep produk
Gyoza Tempe Kemangi, 2) menentukan kemasan produk Gyoza Tempe
Kemangi, 3) mengetahui Tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk
Gyoza Tempe Kemangi, 4) menentukan harga jual dan break-even point
produk Gyoza Tempe Kemangi. Metode penelitian yang digunakan dalam
produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan
model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan
Disseminate. Pembuatan Gyoza Tempe Kemangi dengan melalui tahapan
ujicoba resep produk acuan, uji coba resep produk pengembangan, uji
validasi produk oleh expert, uji tingkat kesukaan produk dengan panelis skala
terbatas, serta didiseminasikan melalui pameran. Analisis data diperoleh dari
uji sensoris dengan 50 orang panelis lalu diuji menggunakan uji paired t-test
untuk mengetahui adanya tingkat perbedaan daya terima antara produk acuan
dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
1) resep produk Gyoza Tempe Kemangi yang tepat dengan substitusi tempe
25% dan tepung tempe 25%, 2) kemasan produk menggunakan box kraft
coklat laminasi jendela dengan ukuran 12x12x5 cm, 3) daya terima
masyarakat terhadap Gyoza Tepme Kemangi ditunjukkan dengan penilaian
uji sensoris dan hasil analisis uji paired t-test. Hasil uji paired t-test di atas
menunjukan nilai p-value dari aspek menunjukkan nilai p-value dari aspek
warna, aroma, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan secara berturut-turut
bernilai 0,001; 0,001; 0,001; 0,001; 0,001; dan 0,001 dimana seluruhnya
bernilai < α = 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan sehingga penerimaan
masyarakat terhadap Gyoza Tempe Kemangi yang lebih tinggi dibandingkan
gyoza biasa, dan 4) harga jual Gyoza Tempe Kemangi Rp.3.500/unit dengan
BEP unit sebanyal 15 unit.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.