PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION MELALUI LIVE STREAMING SHOPEE PADA GENERASI Z SLEMAN
Emy Budiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Berbelanja melalui fitur live streaming dari aplikasi Shopee menjadi populer
di kalangan generasi Z hingga mendorong mereka melakukan pembelian
impulsif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui: (1) karakteristik live streaming Shopee yang mendorong
generasi Z di Kabupaten Sleman melakukan pembelian impulsif; dan (2)
perilaku pembelian impulsif produk fashion pada generasi Z di Kabupaten
Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
pada penelitian ini adalah generasi Z pengguna e-commerce Shopee di
Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling dengan rumus Widiyanto, diperoleh jumlah responden
adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah
diuji validitasnya menggunakan validitas konstruk dan pengujian reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik live
streaming Shopee yaitu parasocial interaction berada dalam kategori sangat
baik sebesar 75%, information quality berada dalam kategori sangat baik
sebesar 69%, streamer attractiveness berada dalam kategori sangat baik
sebesar 70%, price promotion berada dalam kategori sangat baik sebesar
94%, dan promotion time limit juga berada dalam kategori yang sangat baik
dengan persentase sebesar 63%; (2) perilaku pembelian impulsif produk
fashion pada generasi Z di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sering
dilakukan dengan persentase sebesar 42%.
di kalangan generasi Z hingga mendorong mereka melakukan pembelian
impulsif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui: (1) karakteristik live streaming Shopee yang mendorong
generasi Z di Kabupaten Sleman melakukan pembelian impulsif; dan (2)
perilaku pembelian impulsif produk fashion pada generasi Z di Kabupaten
Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
pada penelitian ini adalah generasi Z pengguna e-commerce Shopee di
Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling dengan rumus Widiyanto, diperoleh jumlah responden
adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah
diuji validitasnya menggunakan validitas konstruk dan pengujian reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik live
streaming Shopee yaitu parasocial interaction berada dalam kategori sangat
baik sebesar 75%, information quality berada dalam kategori sangat baik
sebesar 69%, streamer attractiveness berada dalam kategori sangat baik
sebesar 70%, price promotion berada dalam kategori sangat baik sebesar
94%, dan promotion time limit juga berada dalam kategori yang sangat baik
dengan persentase sebesar 63%; (2) perilaku pembelian impulsif produk
fashion pada generasi Z di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sering
dilakukan dengan persentase sebesar 42%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.