SUBSTITUSI TEMPE PADA CENDOL UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN GEN-Z TERHADAP TEMPE
Abstract
Cendol merupakan minuman berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras
dan bahan lainnya yang dicampur dengan gula aren dan santan. Cendol tempe
merupakan produk inovasi cendol tepung beras dengan substitusi tempe.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan resep cendol tempe, 2)
Menentukan kemasan produk cendol tempe, 3) Mengetahui daya terima
kasyarakat terhadap cendol tempe, 4) Menentukan harga jual dan BEP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan model 4D yaitu Define, Design, Development,
dan Dissemination. Analisis data diperoleh dari 50 orang panelis yang datang
ke pameran Inovasi Produk Boga 2024 dengan uji sensoris dan dilakukan uji
statistic paired t-test untuk mengetahui perbedaan daya terima masyarakat
terhadap produk acuan dan produk pengembangan. Hasil dari penelitian ini
adalah p-value dari keseluruhan bernilai 0,019 dimana < α = 0,05 (kurang dari
alpha) yang berarti terdapat perbedaan signifikan terhadap tingkat
penerimaan masyarakat antara produk acuan dan produk pengembangan.
Nilai keseluruhan dari produk pengembangan adalah 4,38 lebih besar dari
produk acuan 4,16 menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap produk
pengembangan cendol tempe lebih tinggi dibanding cendol biasa.
dan bahan lainnya yang dicampur dengan gula aren dan santan. Cendol tempe
merupakan produk inovasi cendol tepung beras dengan substitusi tempe.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan resep cendol tempe, 2)
Menentukan kemasan produk cendol tempe, 3) Mengetahui daya terima
kasyarakat terhadap cendol tempe, 4) Menentukan harga jual dan BEP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan model 4D yaitu Define, Design, Development,
dan Dissemination. Analisis data diperoleh dari 50 orang panelis yang datang
ke pameran Inovasi Produk Boga 2024 dengan uji sensoris dan dilakukan uji
statistic paired t-test untuk mengetahui perbedaan daya terima masyarakat
terhadap produk acuan dan produk pengembangan. Hasil dari penelitian ini
adalah p-value dari keseluruhan bernilai 0,019 dimana < α = 0,05 (kurang dari
alpha) yang berarti terdapat perbedaan signifikan terhadap tingkat
penerimaan masyarakat antara produk acuan dan produk pengembangan.
Nilai keseluruhan dari produk pengembangan adalah 4,38 lebih besar dari
produk acuan 4,16 menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap produk
pengembangan cendol tempe lebih tinggi dibanding cendol biasa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.