Pengaruh Pengggunaan E-Modul Kerah Jas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Yeni Sesnawati, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Suryawati ., Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Azkia Nur Hikmah Tuanaya, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
e-modul kerah jas pada mata kuliah Tailoring yang diukur
berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian yang dilakukan
menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan Pre
Experimental Design tipe Intact-Group Comparison,
menggunakan teknik total sampling di mana mahasiswa S1
Pendidikan Tata Busana yang mengikuti mata kuliah Tailoring
pada semester 120 tahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data
menggunakan achievement test yang terdiri dari 25 soal pilihan
ganda dan 5 soal benar-salah untuk data hasil belajar mahasiswa.
Data hasil belajar dianalisis menggunakan t-test independent.
Berdasarkan hasil achievement test dan independent t-test
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
pembelajaran berupa e-modul kerah jas dengan materi yang
dijelaskan secara step-by-step terhadap hasil belajar mahasiswa
kelas Tailoring


Refbacks

  • There are currently no refbacks.