Pengaruh Pengggunaan E-Modul Kerah Jas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
Suryawati ., Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Azkia Nur Hikmah Tuanaya, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
e-modul kerah jas pada mata kuliah Tailoring yang diukur
berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian yang dilakukan
menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan Pre
Experimental Design tipe Intact-Group Comparison,
menggunakan teknik total sampling di mana mahasiswa S1
Pendidikan Tata Busana yang mengikuti mata kuliah Tailoring
pada semester 120 tahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data
menggunakan achievement test yang terdiri dari 25 soal pilihan
ganda dan 5 soal benar-salah untuk data hasil belajar mahasiswa.
Data hasil belajar dianalisis menggunakan t-test independent.
Berdasarkan hasil achievement test dan independent t-test
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
pembelajaran berupa e-modul kerah jas dengan materi yang
dijelaskan secara step-by-step terhadap hasil belajar mahasiswa
kelas Tailoring
e-modul kerah jas pada mata kuliah Tailoring yang diukur
berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian yang dilakukan
menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan Pre
Experimental Design tipe Intact-Group Comparison,
menggunakan teknik total sampling di mana mahasiswa S1
Pendidikan Tata Busana yang mengikuti mata kuliah Tailoring
pada semester 120 tahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data
menggunakan achievement test yang terdiri dari 25 soal pilihan
ganda dan 5 soal benar-salah untuk data hasil belajar mahasiswa.
Data hasil belajar dianalisis menggunakan t-test independent.
Berdasarkan hasil achievement test dan independent t-test
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
pembelajaran berupa e-modul kerah jas dengan materi yang
dijelaskan secara step-by-step terhadap hasil belajar mahasiswa
kelas Tailoring
Refbacks
- There are currently no refbacks.