INOVASI PRODUK BAKPIA DENGAN KUMBU TEMPE SEBAGAI VARIAN BARU ISIAN UNTUK MENGEMBANGKAN OLEH-OLEH KHAS YOGYAKARTA
Fitri Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Bakpia adalah sejenis kue pastri berbentuk bulat pipih yang diberi isian dari
campuran kacang hijau dan gula. Melalui penelitian ini diharapkan dapat
memanfaatkan tempe menjadi kumbu yang nantinya dapat menjadi varian
baru dari isian bakpia dan dapat mengembangkan oleh-oleh khas Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menemukan resep kumbu tempe untuk
produk bakpia, 2) menentukan penyajian dan kemasan produk bakpia kumbu
tempe, 3) mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk bakpia kumbu
tempe, 4) menentukan harga jual produk bakpia kumbu tempe, 5)
menentukan nama merek bakpia tempe. Metode penelitian yang digunakan
dalam produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop,
dan Disseminate. Pembuatan bakpia dengan isian kumbu tempe ini melalui
pengujian produk resep acuan, uji coba produk pengembangan, penilaian
tingkat kesukaan oleh panelis ahli, dan uji disseminate melalui pameran dan
artikel ilmiah. Analisis data diperoleh dari uji sensoris dengan 50 orang
panelis tidak berpengalaman setelah itu data diolah menggunakan paired ttest untuk mengetahui adanya tingkat penerimaan masyarakat antara produk
acuan dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
adalah 1) Resep produk bakpia dengan kumbu tempe dengan presentase
tempe sebesar 100%, 2) Kemasan primer produk menggunakan plastik doff
berukuran 5,5 cm × 8,5 cm dan kemasan sekunder menggunakan slide box
berukuran 24 cm × 11 cm × 5 cm, 3) Daya terima masyarakat terhadap bakpia
tempe didapatkan melalui uji sensoris dan pengolahan data menggunakan
paired t-test. Nilai p atau p-value dari aspek warna, aroma, rasa, tekstur,
kemasan, dan keseluruhan secara berturut-turut bernilai 0,096; 0,485; 0,135;
0;674; 0,497; dan 0,569 dimana seluruhnya bernilai nilai p dari data lebih
besar dari 0,05 atau p>0.05 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan
nyata atau perbedaan signifikan pada tingkat penerimaan masyakarat
terhadap produk acuan dan produk pengembangan bakpia tempe, 4) Harga
jual bakpia tempe dengan 1 box berisi 20 pcs bakpia adalah Rp 32.000, 5)
Merek bakpia tempe yang telah ditentukan adalah TEMPIA.
campuran kacang hijau dan gula. Melalui penelitian ini diharapkan dapat
memanfaatkan tempe menjadi kumbu yang nantinya dapat menjadi varian
baru dari isian bakpia dan dapat mengembangkan oleh-oleh khas Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menemukan resep kumbu tempe untuk
produk bakpia, 2) menentukan penyajian dan kemasan produk bakpia kumbu
tempe, 3) mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk bakpia kumbu
tempe, 4) menentukan harga jual produk bakpia kumbu tempe, 5)
menentukan nama merek bakpia tempe. Metode penelitian yang digunakan
dalam produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop,
dan Disseminate. Pembuatan bakpia dengan isian kumbu tempe ini melalui
pengujian produk resep acuan, uji coba produk pengembangan, penilaian
tingkat kesukaan oleh panelis ahli, dan uji disseminate melalui pameran dan
artikel ilmiah. Analisis data diperoleh dari uji sensoris dengan 50 orang
panelis tidak berpengalaman setelah itu data diolah menggunakan paired ttest untuk mengetahui adanya tingkat penerimaan masyarakat antara produk
acuan dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
adalah 1) Resep produk bakpia dengan kumbu tempe dengan presentase
tempe sebesar 100%, 2) Kemasan primer produk menggunakan plastik doff
berukuran 5,5 cm × 8,5 cm dan kemasan sekunder menggunakan slide box
berukuran 24 cm × 11 cm × 5 cm, 3) Daya terima masyarakat terhadap bakpia
tempe didapatkan melalui uji sensoris dan pengolahan data menggunakan
paired t-test. Nilai p atau p-value dari aspek warna, aroma, rasa, tekstur,
kemasan, dan keseluruhan secara berturut-turut bernilai 0,096; 0,485; 0,135;
0;674; 0,497; dan 0,569 dimana seluruhnya bernilai nilai p dari data lebih
besar dari 0,05 atau p>0.05 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan
nyata atau perbedaan signifikan pada tingkat penerimaan masyakarat
terhadap produk acuan dan produk pengembangan bakpia tempe, 4) Harga
jual bakpia tempe dengan 1 box berisi 20 pcs bakpia adalah Rp 32.000, 5)
Merek bakpia tempe yang telah ditentukan adalah TEMPIA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.