PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENJAHIT PENYELESAIAN TEPI ROMPOK UNTUK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Oryza Sativa Laksonoputri, , Indonesia
Emy Budiastuti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media video yang layak untuk digunakan dalam sebuah pembelajaran menjahit penyelesaian tepi rompok untuk kelas X SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. 2) mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran menjahit penyelesaian tepi rompok untuk kelas X SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Jenis penelitian ini Research & Development dengan model pengembangan Borg&Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov [1]. Hasil penelitian ini berupa 1) produk video pembelajaran menjahit penyelesaian tepi rompok untuk kelas X SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, 2) video pembelajaran dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji memperoleh hasil rerata uji ahli materi 25 dikategorikan layak, hasil rerata uji ahli media 30 dikategorikan layak, hasil rerata uji skala kecil 65,2 dikategorkani sangat baik, dan hasil rerata uji skala besar 68,8 dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan, disimpulkan bahwa video pembelajaran layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit penyelesaian tepi rompok.

Kata kunci: pengembangan media video, penyelesaian tepi rompok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.