PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN SULAMAN SMOCK JEPANG DI SMK DIPONEGORO DEPOK

Anggraeni Dewi Puspita Sari, , Indonesia
Emy Budiastuti, , Indonesia

Abstract


Pemanfaatan teknologi berperan dalam meningkatkan minat baca dan kemandirian peserta didik dalam belajar, salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan melakukan pengembangan media pembelajaran berupa e-modul yang digunakan sebagai penyajian materi dan mempermudah komunikasi antar pendidik dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-modul yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model 4D dengan tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Penilaian dilakukan oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan pendidik. Uji coba dilakukan kepada peserta sebagai pengguna media yang dilaksakan oleh 16 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran yaitu menghasilkan e-modul sulaman smock Jepang dengan format html.yang dibuka melalui link, rata-rata hasil dari ahli materi sebesar 95,62% dan kelayakan ahli media sebesar 96,25%. Hasil uji coba e-modul kepada peserta didik sebesar 85%. Berdasarkan dari hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran berupa e-modul sulaman smock Jepang untuk peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Diponegoro Depok dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: SMK, e-modul, sulaman smock Jepang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.