STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA KONSTRUKSI BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Siti Mariah, , Indonesia
Desy Tri Inayah, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) evaluasi, dan 4) Hambatan dan pendukung pada mata pelajaran pembuatan pola konstruksi di SMK Negeri 2 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran pembuatan pola konstruksi sangat baik, dengan tersedianya RPP, LKPD, dan Evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola konstruksi sudah baik, ditujukan oleh: Metode pembelajaran project based learning dan cooperative learning; Media pembelajaran menggunakan handout, PPT, dan contoh pola (dummy) namun siswa masih malas dalam belajar mandiri. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan sepanjang pembelajaran dan setiap diakhir pembelajaran, dan bentuk penilaian evaluasi meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. (4) Faktor penghambat yaitu kurang kondusifnya ruangan praktik pembelajaran karena dilaksanakan di laboraturium yang penuh dengan mesin jahit, faktor pendukung alat pembelajaran pembuatan pola di sekolah sudah memadahi dan disiapkan secara matang.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pola Konstruksi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.