MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG BUSANA PADA SISWA TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Hasna Nur Maulani, , Indonesia
Emy Budiastuti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat berwirausaha di bidang busana pada siswa Tata Busana di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa Tata Busana yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Validitas instrument angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Momen dan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) minat berwirausaha di bidang busana siswa Tata Busana SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta termasuk dalam kategori “sangat tinggi” (31,4%) dan “tinggi” (54,3%). (2) minat berwirausaha di bidang busana siswa Tata Busana SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta ditinjau dari faktor internal berada dalam kategori “sangat tinggi” (5,7%) dan “tinggi” (51,4%). (3) minat berwirausaha di bidang busana siswa Tata Busana SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta ditinjau dari faktor eksternal termasuk dalam kategori “sangat tinggi” (11,4%) dan “tinggi” (42,9%). Jadi dapat disimpulkan jika minat berwirausaha di bidang busana pada siswa Tata Busana di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta tergolong tinggi.

Kata kunci: Minat Berwirausaha,Faktor Internal, Faktor Eksternal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.