PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK E-MODUL APRESIASI MENGHIAS KAIN MATERI MERUBAH DAN MENGHIAS CORAK

Syafira rachmadhania, , Indonesia
Wesnina Wesnina, , Indonesia
Harsuyanti Rawiyah Lubis, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengetahui hasil penilaian media pembelajaran berbentuk E-modul Apresiasi Menghias Kain Materi Merubah dan Menghias Corak. Penilaian dilakukan oleh dua panelis Ahli Materi dan dua panelis Ahli Media berdasarkan bidang terkait, dilaksanakan pada semester genap tahun 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Pre-Experimental dengan desain One Shoot Case Study. Teknik analisis data yang digunakan ialah Kuantitatif Deskriptif. Menggunakan variabel tunggal yakni E-modul Apresiasi Menghias Kain Materi Merubah dan Menghias Corak. Penilaian menggunakan teori karakteristik modul, yang meliputi; aspek Self Instruction (dapat dipelajari secara mandiri), Self Contained (materi utuh dan runtut), Stand Alone (berdiri sendiri), Adaptif (menyesuaikan diri) dan User Friendly (bersahabat), serta teori elemen mutu modul yang meliputi; aspek Format, Organisasi, Daya Tarik, Bentuk dan Huruf, Ruang (spasi kosong), dan Konsistensi. Menggunakan instrumen angket (kuesioner) tertutup-terbuka (campuran) dengan penilaian panelis ahli sebagai data pendukung dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian berdasarkan angket penilaian oleh Ahli Materi didapatkan persentase sebesar 97,32%, sedangkan oleh Ahli Media didapatkan persentase sebesar 90,62%. Secara keseluruhan dari 11 aspek penilaian, E-modul Apresiasi Menghias Kain Materi Merubah dan Menghias Corak memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 93,38%.

Kata Kunci : Penilaian, E-modul, Menghias Kain, Merubah dan Menghias Corak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.