PENGARUH ENDORSEMENT INFLUENCERS TERHADAP PEMILIHAN KOSMETIK BERDASARKAN KEAMANAN PRODUK BAGI SISWI SMA NEGERI 68 JAKARTA

Rifda Fakhira Firdausi, , Indonesia
Neneng Siti Silfi Ambarwati, , Indonesia
Lilis Jubaedah, , Indonesia

Abstract


Perkembangan media informasi di era globalisasi mendorong penggunaan media sosial menjadi kebutuhan sehari-hari baik bagi kepentingan individu, maupun penyedia bisnis yang memanfaatkannya sebagai media promosi melalui endorsement. Teknik sering kali menimbulkan masalah krusial, salah satunya adalah dalam pemilihan produk kosmetik yang aman khususnya bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah dan seberapa besar pengaruh endorsement influencers terhadap pemilihan kosmetik berdasarkan keamanan produk bagi siswi SMA Negeri 68 Jakarta. Peneitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 siswi SMA Negeri 68 Jakarta dengan teknik purporsive sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana, Uji T, dan koefisien determinasi. Penelitian ini membuktikan bahwa endorsement influencers berpengaruh positif terhadap pemilihan kosmetik berdasarkan keamanan produk bagi siswi SMA Negeri 68 Jakarta. Pengaruh yang dihasilkan antara endorsement influencers terhadap pemilihan kosmetik berdasarkan keamanan produk sebesar 29,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Endorsement, Influencer, Pemilihan Kosmetik, Keamanan Kosmetik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.