SISTEM KERJA PADA DIVISI WARDROBE DI NET MEDIATAMA TELEVISI

Abdul Varis Pratama, , Indonesia
Nur Endah Purwaningsih, , Indonesia
Endang Prahastuti, , Indonesia

Abstract


Net Mediatama Televisi (News and Entertainment Television) merupakan sebuah stasiun televisiswasta. NET meluncurkan sebuah media yang berfokus pada tayangan hiburan dan berita. Kedudukan busana pada bidang hiburan memiliki peranan yang sangat penting dan saling berkaitan, salah satunya pada acara-acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi atau Television Production. NET memiliki sebuah struktur organisasi, salah satunya adalah divisi servis. Divisi servis juga mempunyai beberapa posisi, salah satunya adalah wardrobe. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan sistem kerja divisi wardrobe yang meliputipurchasing, sponsor, sewa, warehousing, barcoding, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan meliputi, wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil, (1) Jobdescription sebagai seorang wardrobepurchasing, sponsor, sewa, warehousing, barcoding. (2) Prosedur kerja sebagai seorang wardrobepurchasing, sponsor, sewa, warehousing, barcoding. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa seorang wardrobe mempunyai prosedur kerja yang berbeda-beda menurut tugasnya, (1) Peranwardrobepurchasing, sponsor, sewasangatpentingkarenapadadivisiinicukupdominandalampelaksanaan proses dan prosedurpembelian dan pengadaan, baikdalampembeliankebutuhanwardrobeuntukpersediaanwardrobe di gudangmaupunpembelian yang akan dipakaisecaralangsunguntukkeperluanoperasionalwardrobeitusendiri, (2) Warehousing bertujuan agar semua inventaris tertata rapi sesuai penggolongan jenis, serta perawatan pada setiap inventaris, sedangkan barcoding adalah salah satu cara untuk mendata inventaris wardrobe supaya proses input data lebih cepat dan akurat. Saran dalam penelitian ini, seorang wardrobe tidak hanya terpaku pada ketentuan produser, melainkan wardrobe juga harus inisiatif dengan memperhatikan kebiasaan atau karakter pemakainya dengan itu wardrobe bisa mengombinasikan menggunakan insting berdasarkan apa yang telah dipelajari. Kata Kunci:Wardrobe, purchasing, sponsor, sewa, warehousing, barcoding, NET.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.