RESPON KONSUMEN REMAJA PUTRI TERHADAP PRODUK FAST FASHION DI KOTA MADYA YOGYAKARTA
Sri Wening, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion di kota madya Yogyakarta, 2) respon kognitif konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion di kotamadya Yogyakarta, 3) respon afektif konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion di kotamadya Yogyakarta, 4) respon konatif konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion di kotamadya Yogyakarta, 5) alasan konsumen remaja putri membeli produk fast fashion di kota madya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah konsumen remaja putri kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebanyak 183 orang. Sampel penelitian sebanyak 130 orang ditentukan dengan rumus Nomogram Harry King. Teknik penentuan sampel dengan cluster proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) respon konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion didapatkan sebanyak 58 konsumen (44,6%) memberikan respon positif sedangkan 72 konsumen (55,4%) memberikan respon negatif, 2) respon kognitif konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion didapatkan hasil sebanyak 69 konsumen (53,1%) memberikan respon kognitif secara positif dan 61 konsumen (46,9%) memberikan respon kognitif secara negatif, 3) respon afektif konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion diketahui sebanyak 55 konsumen (42,3%) memberikan respon afektif secara positif sedangkan 75 konsumen (57,7%) memberikan respon afektif secara negatif, 4) respon konatif konsumen remaja putri terhadap produk fast fashion diketahui 59 konsumen (45,4%) memberikan respon konatif secara positif sedangkan 71 konsumen (54,6%) memberikan respon konatif secara negatif, 5) alas an konsumen remaja putri membeli produk fast fashion karena produk fast fashion menyediakan desain terkini dengan rata-rata 2,94 (73,5%), cepat dalam menghadirkan produk sesuai tren dengan rata-rata 2,83 (70,75%), variasi atau pilihan produk yang banyak dengan rata-rata 3,09 (77,25%), harganya murah diperoleh rata-rata 2,83 (70,75%), dan tampilan tooknya menarik diperoleh rata-rata sebesar 2,55 (63,75%) yang semuanya termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: Respon, konsumen remaja putri, produk fast fashion
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.