ANALISIS KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN BOLERO PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA CUSTOM MADE

Dhika Fine Fadhillah, , Indonesia
Sugiyem Sugiyem, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, (2) kesulitan belajar paling dominan yang dialami oleh siswa pada pembuatan bolero mata pelajaran Pembuatan Busana Custom Made kelas XI Tata Busana SMKN 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 54 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket berbentuk google form yang disebarkan secara onlie kepada responden. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) siswa mengalami kesulitan belajar pada kompetensi pembuatan bolero secara umum sebesar 40,3%. Secara detail kesulitan belajar pada: aspek sikap sebesar 26%, aspek kognitif sebesar 51%, dan aspek psikomotor sebesar 44%, (2) kesulitan belajar paling dominan pada kompetensi pembuatan bolero terletak pada aspek kognitif yakni sebesar 42%. Kesulitan belajar paling dominan ditinjau dari aspek sikap terletak pada sub indikator sikap terhadap pembelajaran sebesar 35%, aspek kognitif terletak pada sub indikator aplikasi sebesar 25%, dan aspek psikomotor terletak pada sub indikator merubah pola bolero sebesar 13,3%. Kata kunci: kesulitan belajar, kompetensi, bolero, custom made

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.