PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR BUKU TREND FORECASTING 2019/2020 TERHADAP KREATIVITAS PEMBUATAN DESAIN BUSANA TUNIK SISWA KELAS XI JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 2 MAGETAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui kreativitas pembuatan desain busana tunik pada kelompok kontrol siswa kelas XI jurusan tata busana SMK Negeri 2 Magetan (2) Untuk mengetahui kreativitas pembuatan desain busana tunik pada kelompok eksperimen siswa kelas XI jurusan tata busana SMK Negeri 2 Magetan (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar Buku Trend forecasting 2019/2020 terhadap kreativitas mendesain busana tunik.Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan pendekatan random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi ekperimental design. Penelitian ini menggunakan model penelitian Non-Equivalent pretest postest Control Group Design.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada kelas kontrol nilai tertinggi pada aspek keluwesan berpikir (Flexibility) dan nilai terendah pada aspek elaborasi (elaboration) (2) Pada kelas eksperimen nilai tertinggi berada pada aspek kelancaran berpikir (fluency of thinking) dan nilai terendah pada aspek keluwesan berbilir (flexibility) (3) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan sumber belajar buku trend forecasting 2019/2020 dimana nilai Sig. 0,507 > 0,05. Rerata terendah terdapat di kelas kontrol yaitu 34,79 dan rerata tertinggi pada kelas eksperimen yaitu 47,18. Nilai ttabel sebesar 2,384. Dengan demikian nilai thitung sebesar 3,923 > ttabel 2,384, maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan melalui perbandingan nilai thitung dengan ttabel, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan pengaruh penggunaan sumber Kata kunci : Trend Forecasting, Kreativitas, Desain Busana, SMK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.