PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMBUATAN CAKE BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Sugiono Sugiyono, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada kompetensi produk cake, (2) bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis Android pada kompetensi produk cake menurut experjugment, dan (3)seberapa besar pengaruh media berbasis Android terhadap pengetahuan siswa. Penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh William W, Leedan Diana L.Owens yang terdiri dari analyze, design, development, implementation danevaluation. Kelayakan media dinilai dari aspek materi, aspek media, penerimaan pengguna, dan pengaruh media terhadap pengetahuan siswa. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas XI Boga 3 SMK Negeri 4 Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah angketdan tes. Tingkat kelayakan media dianalisis dengan chi-square. Sedangkan pengaruh mediaterhadap pengetahuan siswa dianalisis dengan R-square. Semua data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1 )pengembangan dilakukan dengan MIT App Inventor 2 dilakukan proses pemrograman dengan method drag and drop yang didalamya diberikan informasi teknik pencampuran yang ditunjang dengan gambar langkah demi langkah dan video, (2) menurut expert judgment media memperoleh penilaian layak untuk dijadikan media pembelajaran, (3) Media tersebut dapat meningkatkan nilai siswa sebesar 10,4%. Evaluasi dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Ahli media, ahlimateri dan praktisi pendidikan memberikan penilaian layak kepada media yang dikembangkan setelah dilakukan perbaikan sesuaisaran yang diberikan. (2) Penelitian sebaiknya dilakukan di semester ganjil karena masih memadainya subjek penelitian. (3) Peningkatan 10,4% nilai pengetahuan dirasa kurang maksimal dikarenakan keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian. Kata Kunci: Android, cake, media.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.