DAMPAK FILM AADC2 TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI GEREJA AYAM

Afia Fauziah, , Indonesia
Bayu Sutikno, , Indonesia
Tri Kuntoro Priyambodo, , Indonesia

Abstract


Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) merupakan sebuah film yang di produksi pada tahun 2016. Pengambilan gambar pada Film AADC2 berada di Gereja Ayam Kabupaten Magelang. Setelah penayangan film tersebut lokasi yang dijadikan tempat pengambilan gambar mendapatkan kunjungan. Keterkaitan antara sebuah tempat yang dijadikan lokasi pengambilan film dan pariwisata sering disebut dengan istilah Film-Induced Tourism. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi dampak film AADC2 dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Gereja Ayam. Penelitian ini menggunakan metode penetian deskriptif dengan analisis model Miles dan Hubermen. Dalam analisis tersebut terdapat beberapa tahap yaitu: data reduction, data display dan conclutions drawing/verification. Penilitian dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sample yang diperoleh secara purposive sampling dari populasi dari penilitian ini yaitu masyarakat yang berada di Gereja Ayam. Hasil dari penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan, yaitu: Film Ada Apa Dengan Cinta 2 berdampak terhadap pariwisata di obyek wisata Gereja Ayam dengan cara memberikan keuntungan dari naiknya kunjungan di obyek wisata sehingga masyarakat mendapatkan sebuah peluang dari adanya pariwisata. Keywords: Film-Induced Tourism, Ada Apa Dengan Cinta 2, Kunjungan wisatawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.