PENGEMBANGAN EMPLOYABILITY SKILLS MAHASISWA VOKASI BIDANG BOGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Fitri Rahmawati, , Indonesia
Marwanti Marwanti, , Indonesia
Rizqie Auliana, , Indonesia

Abstract


Salah satu standar seorang pekerja dan kualitas lulusan pendidikan vokasi yang dilihat oleh pengusaha adalah kepemilikan dan pengembangan employability skills. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendapatkan gambaran implementasi model pembelajaran project based learning pada mata kuliah Pengolahan Bakery, 2) Mengetahui employability skills mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengolahan Bakery dengan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Penelitian ini melibatkan responden mahasiswa vokasi bidang boga semester IV yang mengikuti kuliah Pengolahan Bakery. Penelitian ini akan dilaksanakan selama lebih kurang 10 bulan yang direncanakan dari bulan Februari hingga Agustus 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner (angket). Validasi instrument dilakukan dengan uji pendapat dari ahli (experts judgment). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi tahapan pembelajaran PjBL pada matakuliah Manajemen Usaha Bakery meliputi: a) Penyajian permasalahan; b) Membuat perencanaan; c) Menyusun penjadwalan; d) Memonitor pembuatan proyek; e) Melakukan penilaian; f) Evaluasi. Gambaran employability skills mahasiswa boga UNY ada pada kategori sangat baik 45,5% dan pada kategori baik sebesar 55,5 % Kata Kunci: employability skills, model pembelajaran project based learning, mahasiswa vokasi bidang boga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.