MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DRAPING BERBANTUAN VIDEO (MODEL-PTDBV) DI PERGURUAN TINGGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN BERWAWASAN GLOBAL
Abstract
Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang bersifat student centered, yaitu memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed), untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru. Terkait hal tersebut maka pembelajaran teknik draping berbantuan video dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dipandang dapat sebagai inovasi model pembelajaran di perguruan tinggi. Dalam pembelajaran tersebut dosen tidak perlu mendemonstrasikan langkahlangkah draping pola busana yang banyak menyita waktu, dapat digantikan video sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Dengan model tersebut mahasiswa akan lebih menghemat waktu dan lebih mudah dalam mengerjakan draping, karena dengan program tersebut proses draping mudah dilihat ulang diberbagai tempat.
Kata Kunci: model pembelajaran, CTL, teknik draping
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.